Scroll to Top

Hasil Final Indonesia vs Thailand Skor Akhir 0-1 Sepak Bola SEA Games 2013

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 21 Dec 2013

Hasil Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2013 yang ditutup dengan skor akhir 0-1 membuat Garuda Muda kembali mengubur mimpi meraih medali emas yang hilang sejak tahun 1991. Gol Sarawut Masuk membuat timnas Indonesia U23 melanjutkan trauma final SEA Games dua tahun lalu kala tumbang oleh Malaysia. Lagi-lagi, hanya medali perak yang diperoleh Rahmad Darmawan.

Sejak awal pertandingan timnas Indonesia U23 vs Thailand, pelatih Rahmad Darmawan memakai duo Fandi Eko Utomo-Yandi Sofyan Munawar . Ramdani Lestaluhu dan Bayu Gatra diharapkan mampu menusuk dari sisi sayap. Akan halnya Thailand yang dikomandoi Kiatisuk Senamuang menggunakan skema 4-2-3-1 dengan tumpuan pada seorang Adisak Kraisorn.

Hasil Selengkapnya & Jalannya Pertandingan Indonesia vs Thailand Klik Di Sini

Live Streaming pertandingan sepak bola lain klik link ini

Prediksi sebelum pertandingan
Jadwal final cabang sepakbola SEA Games 2013 antara Indonesia vs Thailand akan digelar pada Sabtu, 21 Desember 2013 pukul 19.30 WIB. Timnas Indonesia U23 memupuk asa untuk meraih medali emas SEA Games pertama sejak 1991. Plus, membalas dendam atas luka kekalahan 1-4 di babak penyisihan grup.

Meskipun tergolong sebagai salah satu negara favorit urusan sepakbola di Asia Tenggara, Indonesia memang sedikit kering prestasi di SEA Games. Mereka baru mengantongi dua emas, pada 1987 dan 1991. Itupun terjadi sebelum ada peraturan baru bahwa yang diturnkan di ajang ini adalah timnas U23 negara masing-masing.

Namun, momentum untuk berjaya kini ada di genggaman tangan Garuda Muda. Dua tahun lalu, mereka berhasil menembus final sebelum ditaklukan Malaysia dalam drama adu penalti. Kini, langkah pun sudah sampai laga puncak. Sayang sekali kalau usaha kedua, kembali gagal.

Di sisi lain, Thailand menunjukkan superioritasnya di SEA Games. Total, mereka sudah memboyong 13 medali emas. 8 di antaranya didapatkan pada medio 1993 hingga 2007. Bisa dikatakan, Indonesia adalah lawan sepadan bagi Thailand U23 yang kini dibesut salah satu legenda sepakbola terbesar Asia Tenggara, Kiatisuk Senamuang.

Bicara rekor head-to-head kedua tim, baru dua kali Indonesia dan Thailand bertemu di partai puncak SEA Games. Pada 1991, Merah-Putih menang dalam drama adu penalti. Namun, enam tahun kemudian di Jakarta, malah Thailand yang unggul, lagi-lagi dalam drama yang sama.

Thailand berangkat ke final dengan catatan memborong 9 gol dalam empat laga. Kontras dengan Indonesia yang cuma empat. Bicara lini belakang, Garuda Muda juga kalah. Mereka terbobol 5 kali, kontras dengan Thailand yang baru 3. Namun, jangan lupakan, empat gol bersarang ke gawang Kurnia Meiga saat kita dihajar 1-4 oleh Thailand. Selebihnya, Manahati Lestusen cocok menggalang barisan belakang dengan kokoh.

Masalah utama, tetaplah di lini depan. Yandi Sofyan yang menjadi andalan, baru mengemas satu gol. Namun, jika melihat permainan impresif Indonesia di laga melawan Myanmar dan Malaysia, bisa dikatakan kita bisa sedikit ‘melupakan’ hal ini.

Yang diperlukan Indonesia adalah spirit, bukan lagi berkaca pada statistik. Mereka bisa mengambil kisah Malaysia, yang bangkit dari keterpurukan di babak penyisihan grup AFF Cup 2010 untuk merebut gelar juara. Atau, tak trauma di babak final seperti Bayern Munchen, yang melupakan luka di final Liga Champions 2012 atas Chelsea untuk meraih gelar setahun kemudian dari tangan Borussia Dortmund.

Siapa yang menang? Melihat sudah terlalu lama kita tak meraih medali emas di SEA Games, rasa-rasanya Alfin Tuasalamony dkk. layak diunggulkan menghadapi Thailand untuk memupus kerinduan 22 tahun.

Saksikan Live Streaming Final Indonesia vs Thailand di bawah ini nanti sore (Silakan catat / bookmark halaman ini agar tidak lupa)

http://www.youtube.com/watch?v=epRN3N0aaIM

Head to Head

  • SEA Games 2003: Thailand vs Indonesia  6-0
  • SEA Games 2005: Thailand vs Indonesia  3-1
  • SEA Games 2007: Thailand vs Indonesia  2-1
  • SEA Games 2011:  Thailand vs Indonesia 1-3
  • SEA Games 2013:  Thailand vs Indonesia 4-1

Prediksi Sidomi: 55-45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda