Scroll to Top

Silic, Kaos Anti Air Buatan Mahasiswa San Fransisco

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Dec 2013

silic

Mahasiswa bernama Aamir Patel dari San Fransisco menemuan kaos yang memiliki sifat anti-air. Bahkan, tumpahan dari minuman dari jenis cola, saus tomat, mustard, milkshake, bir, tinta, dan bahan cair lainnya lebih mudah dibersihkan ketika tumpah di kaos ini tanpa meninggalkan sedikit noda pun. Kaos tersebut dibuat dari polyster namun telah mendapat sentuhan bahan kimiawi untuk menghasil efek anti-air. Patel menyebut temuannya dengan Silic.

Dikutip dari Daily Mail, awalnya Patel memakai bahan kimia semprot yang hanya tahan digunakan satu hari. Setelah dicuci, efek anti-air akan hilang. Namun dia tidak putus asa. Akhirnya dia menemukan kain yang memiliki nanoteknologi yang dapat terikat pada serat sampai tingkat mikroskopis. Dan, klaim Patel, kaosnya ini tidak mengiritasi kulit dan rasanya seperti memakai baju pada umumnya.

“Banyak molekul cairan tidak akan bisa menyentuh kain karena lapisan mikroskopis udara yang terbentuk antara cairan dan kain,” ungkap Patel.

silic

Katanya, pada kaos ciptaannya memiliki miliaran partikel silika berbasis air. Cairan ini membentuk seperti bola  bersudut 150 derajat yang berguna sebagai penghalang kain dari kemungkinan terkena berbagai benda cair. Baju tetap bersih, sementara cairan tetap meluncur ke bewah meninggalkan baju.

Kaos tersebut dijual dengan harga 30 poundsterling. Namun, kaos ini juga memiliki aturan pencucian agar bahan kimiawinya tidak hilang.  Kaos tidak boleh dicuci dengan mesin, tida memakai pelembut dan pemutih, dan tidak boleh diseterika. Disarankan pula pakaian tidak terlalu sering dibersihkan. Untuk mengaktifkan kembali lapisan udara pada serat kain, diperlukan pemanasan di mesin pengering dengan panas rendah setiap tiga kali dicuci.

“Kaos kami sekarang benar-benar aman dan akan awet hingga 80 kali cuci, sehingga Anda mendapatkan nilai sekitar dua tahun memakai itu.” Katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda