Scroll to Top

Grand Canyon Penuh Hamparan Awan Tiap 10 Tahun Sekali

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Dec 2013

grand canyon

Suasana di Grand Canyon, Amerika Serikat, akan sangat berbeda pada setiap 10 tahun sekali. Pada saat itu lapisan udara di bawah tebing Grand Canyon dipenuhi oleh lautan awan. Awan menutupi seluruh area udara seperti lapangan kapas nan empuk. Dan, peristiwa langka ini terjadi akhir November kemarin.

Penyebab lautan awan ini adalah perbedaan suhu udara di angkasa. Suhu atmosfer terbalik dibandng pada keadaan normal. Udara dingin terperangkan di permukaan bumi, sementara di atasnya terhimpit oleh udara hangat. Jadilah kemudian awan-awan yang merata susunannya dan menutupi sebagian angkasa. Fenomena ini disebut pula dengan “inversi shu”.

Sebenarnya inversi suhu terjadi sekali atau dua kali per tahun. Kejadiannya kerap pada bulan-bulan di musim dingin. Hanya saja untuk di Grand Canyon agak beda. Inversi suhu terjadi setiap 10 tahun sekali. Awan akan menutupi seluruh ruang udara Grand Canyon.

“Suhu tinggi rata-rata untuk sepanjang tahun ini adalah sekitar 48 derajat Fahrenheit , yang berarti hanya akan ada sedikit penguapan dari curah hujan pada musim panas . Hal ini memungkinkan lebih banyak uap air untuk tinggal di udara di dalam ngarai,” kata Andy Mussoline, meteorolog dari AccuWheater.

Indahnya lapangan awan di Grand Canyon dapat dinikmati lewat foto-foto berikut:

grand canyon

grand canyon

grand canyon

grand canyon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda