Scroll to Top

Ebelik Bernah: Baju Muslim Aksen Madura Karya Rya Baraba

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Dec 2013

baju muslim

Rya Baraba, desainer baju, membuat baju muslim berbasis kebudayaan Madura. Baju ini memang khusus untuk muslimah dan aksesn Madura membuat koleksi Rya tampak cantik. Inspirasi busana ini yaitu cara berpakaian wanita Madura yang dikenal jarang memakai celana jeans atau pakaian ketat. Dan, rata-rata pakaian wanita di sana memiliki warna terang dan berani seperti merah, hijau, oranye, sampai merah muda.

Tema yang diambil Rya adalah “Ebelik Bernah. Busanyanya memasukan cita rasa tradisonal dan unsur Islam puritan khas desa. Oleh sebab itu, koleksi Rya memiliki berbagai kekhasan seperti perpaduan budaya karapan sapi, batik, dan tradisi pesantren.

“Ebelik Bernah memiliki makna keanekaragaman budaya Jawa Timur, khususnya Pulau Madura, dengan kehidupan para santri,” kata Rya seperti dikutip Republika Online.

baju muslim

Rya mengagumi tradisi warga Madura yang cukup relijius dan berbudaya syar’i. Oleh sebab itu, dia tidak ragu mengangkat tema ini untuk rancangan busana muslimah terbarunya.  Katanya, gaya Madura sangat tepat untuk disandingkan sebagai busana relijius.

Beberapa gaya baju muslim dalam Ebelik Bernah adalah skirt pleats, palazzo, long jacket, rok A dan H line, dan cape. Pada gaya pleats, Rya mengambil ide dari santriwati yang dijumpai bersseolah di madrasah atau pesantren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda