Scroll to Top

Jolla Sailfish Smartphone Mulai Dijual di Eropa, Harga 6,4 Juta

By Ditya / Published on Friday, 20 Dec 2013
Jolla Sailfish
Smartphone Jolla dengan Sailfish OS

Smartphone Jolla yang mengusung sistem operasi Sailfish OS kini mulai dijual di seluruh Uni Eropa dengan harga $399 atau sekitar Rp 6,4 juta. Sebelumnya, smartphone Jolla Sailfish ini hanya tersedia di negaranya sendiri, yakni Finlandia. Seperti yang kita ketahui, pendiri Jolla adalah mantan karyawan Nokia.

Jolla Sailfish benar-benar serius menantang Android dengan melakukan ekspansi pasar ke seluruh wilayah Uni Eropa, termasuk Swiss dan Norwegia. Sebelumnya Jolla Sailfish hanya tersedia untuk konsumen di Finlandia. Kehadiran Jolla Sailfish ini akan membuat persaingan smartphone makin ketat dan kompetitif.

lalu seperti apa sistem operasi Sailfish OS yang diusung oleh smartphone Jolla ini? Sistem operasi Sailfish OS adalah sistem operasi berbasis Linux MeeGo yang telah ditinggalkan oleh Nokia. Salah satu kelebihan sistem operasi Sailfish OS ini adalah dukungan untuk menjalankan aplikasi Android.

Smartphone Jolla Sailfish ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel. Dapur pacu Jolla Sailfish ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang mengusung prosesor dual-core Krait berkecepatan 1,4GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB.

Sektor kamera, Jolla Sailfish ini dibekali dengan kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel autofokus dan kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel. Konektivitas Jolla Sailfish ini juga cukup lengkap dengan dukungan WiFi, 4G LTE, dan Bluetooth.

Smartphone pertama berbasisi sistem operasi Sailfish ini dilengkapi dengan emori internal yang cukup lega, yakni 16GB  yang dibekali dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Smartphone pertama besutan Jolla ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2100mAh.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (19/12/2013), spesifikasi yang ditawarkan Jolla ini memang tak begitu spektakuler jika dibandingkan smartphone kelas atas berbasis Android. Namun, kehadiran Jolla dengan Saifish OS ini tetap merupakan pesaing Android yang patut diperhitungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda