Scroll to Top

Garuda Muda vs Gajah Putih: Adu Strategi Marinir & Mantan Polisi

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 20 Dec 2013

rahmad darmawan

Pasca membungkam Malaysia di semifinal Sea Games 2013 Myanmar, Timnas Indonesia U23 akan kembali berhadapan dengan Thailand di partai final. Kedua tim sempat bertemu di babak penyisihan, dimana ketika itu Garuda Muda kalah 1-4 dari Gajah Putih.

Jika Indonesia lolos ke final setelah membungkam Malaysia, sementara itu Thailand lolos ke final setelah dipertandingan semifinal mengalahkan Timnas Singapura dengan skor tipis 1-0.

Menghadapi Thailand bukan pekara mudah bagi pelatih Indonesia, Rahmad Darmawan. Kendati demikian pelatih yang akrab disapa RD itu mengaku optimistis anak asuhnya mampu bermain maksimal.

“Thailand merupakan tim kuat dan telah menganut sepak bola modern, kita juga sudah bertemu sebelumnya. Sekarang tinggal bagaimana kita untuk meraih yang terbaik” ungkap RD seusai pertandingan menghadapi Malaysia.

Sementara itu pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang mewaspadai kebangkitan Bayu Gatra Cs. Indonesia menurut Kiatisuk, merupakan tim yang terus menanjak setelah mengalahkan tuan rumah Myanmar dan Malaysia.

Namun di luar itu semua, final sepak bola SEA Games XXVII antara Indonesia vs Thailand (Sabtu, 21/12/13) menyimpan cerita menarik dari kedua tim. Pasalnya laga itu akan menjadi pertarungan antara mantan polisi dan marinir.

Seperti yang diketahui jika RD sebagai pelatih, merupakan anggota Marinir aktif TNI Angkatan Laut. Dirinya sukses menjadi salah satu pelatih papan atas Indonesia, setelah menangani klub-klub besar nasional.

Jika RD adalah anggota marinir, sementara pelatih Kiatisuk Senamuang merupakan mantan anggota kepolisian Thailand, Royal Thai Police. Kiatisuk berkarier di sepak bola antara tahun 1989 hingga 2007.

Sejak 2013, Kiatisuk menjadi pejabat pelatih Tim Nasional Thailand menggantikan Winfried Schaefer. Dalam sebuah pertandingan persahabatan, dia berhasil membawa timnas Thailand menggilas Cina 5-1 pada Juni 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda