Share

Shio Kuda Emas

Ramalan tahun baru 2014 menurut Ki Kusumo pada penerawangan di tahun Shio Kuda Emas, berupaya memetakan bagaimana peristiwa yang bakal terjadi di tanah air pada tahun depan. Peristiwa ini mencakup terawangan untuk politik, kehidupan artis dan kejadian lainnya yang diprediksi bakal terjadi di tahun 2014.

Tahun 2014 adalah tahunnya politik. Indonesia akan menggelar hajatan pesta demokrasi lima tahunan sekali yakni PEMILU atau Pemilihan Umum. Menurut Ki Kusumo, ia menerawang bakal ada sosok ‘kuda hitam’ yang muncul. Dan, ‘kuda hitam’ itu bakal jadi ‘pemenang’.

Istilah ‘pemenang’ yang ia maksud merujuk pada posisi presiden. Siapa sosok ‘kuda hitam’ yang ia sorot? Sayangnya Ki Kusumo enggan berikan bocoran. Selain itu, di tahun 2014 masih banyak kasus-kasus yang akan terbengkalai. Century misalnya, yang hingga tahun depan masih tidak jelas penuntassannya.

Terkait dunia selebritis atau artis, Ki Kusumo menerawan jika pada tahun depan akan muncul sosok biduan dangdut yang bakal bikin heboh jagat hiburan tanah air. Merujuk ke dangdut, ia memberi kata kunci jika kehebohan yang ada akibat goyangan maut biduan dangdut tersebut.

Ki Kusumo juga menaruh perhatian pada soal transportasi. Menurutnya permasalahan atau kendala carut marutnya transportasi di tanah air bukan tak mungkin akan membawa malapetaka. Ia merujuk pada kasus kecelakaan. Secara spesifik, Ki Kusumo berikan clue transportasi udara.

Terawangan lain yang patut diperhatikan yakni bakal muncul kembali konflik cukup besar antara dua institusi besar Indonesia; KPK vs Polri. Bahkan, kasusnya bakal lebih heboh dari dua versi sebelumnya; Cicak Buaya atau Simulator SIM.

Secara keseluruhan Ki Kusumo berikan gambaran jika di tahun Kuda Emas akan terjadi banyak hal-hal yang baik dan positif. Akan tetapi bagi mereka yang bershio Tikus, Macan, dan Naga harap berhati-hati. Ki Kusumo menyarankan mereka agar lebih banyak berdoa dan membantu sesama.

Ulasan Ki Kusumo di atas berdasar tanda-tanda alam dan bukan ramalan. Sila disingkapi secara bijak.