Scroll to Top

Ini Resiko Memakai Make Up Kedaluwarsa

By C Novita / Published on Friday, 20 Dec 2013

make up

Bila Anda berpikir make up tak memiliki masa kedaluwarsa atau masa berlaku, maka coba perhatikan kembali kosmetik yang Anda miliki. Make up yang baik pasti mencantumkan tanggal expire di kemasannya. Memang terkadang orang mengabaikan masa kedaluwarsa make up, karena menganggap itu bukan bahan makanan, jadi tak berbahaya bia tetap memakainya walau telah lewat masa berlakunya.

Namun tahukah Anda bahwa tetap ada resiko yang bisa Anda alami bila bersikeras memakai make up kedaluwarsa. Seperti bahan makanan, make up juga mempunyai batas pakai. Apa saja resiko memakai make up kedaluwarsa? Ini di antaranya:

  • Alergi. Kosmetik yang kedaluwarsa biasanya mudah dicemari oleh bakteri, kuman, serta kotoran. Ini tentu tak sehat bagi kulit Anda sendiri, sebab dapat menimbulkan alergi. Gejalanya adalah kulit terlihat memerah, gatal, benjol kecil, atau bahkan iritasi.
  • Infeksi. Maskara, eyeliner, atau foundation yang kedaluwarsa bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Hasilnya akan timbul gatal, jerawat, atau mata merah.

Batas masa pakai jika sebuah kemasan kosmetik telah dibuka memang berbeda-beda. Pada maskara bisa sekitar 3-4 bulan setelah dibuka dan kuasnya sering digunakan. Jenis kosmetik lain ada yang hingga 1 tahun. Tentang ini biasanya tercantum dalam kemasan.

Anda pun harus secara teratur mencuci peralatan semacam kuas, atau puff bedak. Minimal 1 bulan sekali, hingga akan meminimalisir bakteri dan kuman yang menempel di permukaan peralatan tersebut. Nah, kosmetik Anda sudah kedaluwarsa atau belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda