Scroll to Top

10 Klub Terkaya Dunia: Barca Nomor 1, Manchester United Peringkat 6

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 21 Dec 2013

10 Klub Terkaya Dunia Barca Nomor 1, Manchester United Peringkat 6

Barcelona berada di puncak daftar klub terkaya di dunia versi Pluri, konsultan keuangan asal Brazil. Memiliki nilai pasar sebesar 600,1 juta Euro, klub Catalan mempertahankan posisi teratas, melebihi capaian Real Madrid, Bayern Munchen, dan Manchester United. PSG yang dainggap memiliki dana tak terbatas, ternyata cuma duduk di peringkat sembilan.

Real Madrid yang nilai pasarnya mencapai 575,3 juta Euro tetap tidak beranjak di peringkat kedua. Mereka lebih unggul daripada sang juara Liga Champions, Bayern Munchen. Klub Bundesliga itu memiliki nilai pasar 493,2 juta Euro. Namun, jika bicara masalah peningkatan, Barca dan Madrid kalah dari Bayern.

Pasalnya, dari segi peningkatan, Munchen tidak hanya melesat dari peringkat kelima ke tiga besar. Persentase nilai pasar mereka surplus 15%. Bandingkan dengan Barcelona yang turun 10,6% dan Madrid yang minus 3,0%.

Di mana posisi Manchester United yang ditinggal Alex Ferguson? Mereka harus berada di bawah Manchester City dan Chelsea. MU cuma duduk di peringkat enam dengan 394,1 juta Euro. Posisi mereka juga merosot dua tingkat dibandingkan tahun lalu.

Apa pun itu, yang jelas klub-klub Liga Inggris terlihat cukup sehat. Dari 10 besar klub dengan nilai pasar terbesar, lima di antaranya berasal dari Premier League. Ada Arsenal di posisi tujuh, dan Tottenham Hotspur sebagai peringkat terbuncit alias nomor 10.

Bagaimana dengan klub-klub yang tengah berkembang seperti Borussia Dortmund dan Atletico Madrid? Dortmund puas di peringkat 11 –naik tujuh tingkat— dengan 308,7 juta Euro. Akan halnya atleti, naik satu tingkat dibandingkan musim lalu dengan 256,1 juta Euro.

10 Klub Penghasilan Termahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda