Scroll to Top

Virus Flu Burung Bermutasi Hingga Memakan Korban Jiwa?

By C Novita / Published on Saturday, 21 Dec 2013

virus flu burung

Sebuah berita mengejutkan mengenai virus flu burung yang kembali memakan korban jiwa, terjadi di China. Dilansir oleh laman news.yahoo.com, seorang wanita tua 73 tahun diperkirakan meninggal disebabkan terinfeksi virus tersebut. Yang bikin ngeri adalah, jenis virus flu burung itu tergolong baru di kalangan medis.

Dikabarkan bahwa ‘China’s Center for Disease Control and Prevention mengonfirmasi jenis virus tersebut adalah H10N8, yang merupakan virus flu burung terbaru. Virus ini belum terdeteksi pernah menginfeksi manusia sebelumnya. Apakah ini berarti virus tersebut sudah bermutasi? belum dapat dipastikan mengenai hal tersebut.

Virus flu burung sebelumnya yang sempat membuat heboh dunia adalah H7N9, yang menyebabkan korban jiwa hingga sekitar 140 orang terinfeksi dan 45 meninggal dunia. Virus ini juga terdeteksi berasal dari negara China.

Kehadiran virus jenis baru tersebut tentu mencemaskan badan kesehatan dunia WHO.

“Kasus ini sedang diselidiki lebih lanjut untuk memastikan apakah virus ini berbahaya dan menular atau tidak,” ungkap Timothy O’Leary, dari kantor regional WHO di Manila.

Pihak departemen kesehatan China sendiri melansir bahwa di masa hidupnya, wanita tersebut sempat berinteraksi dengan unggas sebelum mengalami tekanan darah tinggi dan sakit jantung hingga meninggal dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda