Scroll to Top

Ucapan Selamat Hari Ibu & Puisi Ibu untuk Hari Ibu Tanggal 22 Desember

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 22 Dec 2013

Ibu

Kata-kata ucapan Hari Ibu & Puisi Ibu karya Chairil Anwar (1922 – 1949) sangat pas diberikan ke sosok orang yang kita sayangi, yang telah melahirkan kita di momen Hari Ibu, 22 Desember 2013. Masterpiece pujangga sastra ini sangat menyentuh hati. Membuat yang membaca berkaca-kaca karena kata-katanya yang miris dan sangat dalam.

Hari Ibu adalah hari peringatan dan perayaan untuk mengapresiasi bagaimana peran seorang ibu dalam keluarga. Peran ini tak hanya sebatas pada anak, suami, namun juga di lingkungan sekitar. Ada sebuah tradisi yang biasanya dilakukan di Hari Ibu.

Contoh sederhana yakni budaya membebastugaskan segala pekerjaan atau rutinitas harian yang dilakukan oleh ibu di rumah. Misalkan saja memasak, merawat anak dan rumah, atau segala aktivitas rumah tangga lainnya.

Berikut kata Ucapan Selamat Hari Ibu untuk Ibunda tercinta:

Seorang Ibu, adalah dia yang mengerti apa yang seorang anak katakan. Dan terima kasih untuk semua itu.

Dengan seorang ibu kita bisa tau gemana caranya makan. Jalan dsb. Dan bisa tau enak dan nggak enak, dan diajari mana yng salah dan benar, sedangkan seorang ayah mengajari gemana caranya berjuang untuk hidup.

Ibu akan berbohong demi anaknya untuk memastikan kita tenang dan bahagia padahal kita tau betapa berat beban yang dia tanggung. Jika ada kata yang lebih dari terima kasih saya ingin mengucapkannya Bu. Selamat Hari Ibu

Jika saya tidak pernah mengucapkan terima kasih karena telah membawa saya ke dunia, saya ingin melakukan itu sekarang. Terima kasih, Selamat Hari Ibu

Jika ada hari untuk segala sesuatu yang telah diberikan Ibu kepada saya sebagai seorang ibu, itu akan menjadi Hari Ibu setiap hari.

Menjadi seorang ibu penuh waktu adalah salah satu pekerjaan bergaji tertinggi … karena pembayaran adalah cinta murni.

Jangan pernah menikahi seorang pria yang membenci ibunya, karena dia akan berakhir membenci Anda.

Hari Ibu dirayakan di Indonesia setiap tanggal 22 Desember. Di negara-negara lain, di Amerika Serikat dan 75 negara lainnya, Hari Ibu juga diperingati dengan nama Mother’s Day pada hari Minggu pekan kedua di bulan Mei. Sedangkan di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati tiap tanggal 8 Maret.

Berikut puisi Ibu karya Chairil Anwar, yang sangat pas bila diberikan atau dibacakan ke sosok ibu kita tercinta di momen spesial Hari Ibu, tanggal 22 Desember 2013 yang kebetulan jatuh pada esok hari.

“Pernah aku ditegur

Katanya untuk kebaikan

Pernah aku dimarah

Katanya membaiki kelemahan

Pernah aku diminta membantu

Katanya supaya aku pandai”

 

“Ibu,

 

Pernah aku merajuk

Katanya aku manja

Pernah aku melawan

Katanya aku degil

Pernah aku menangis

Katanya aku lemah”

 

“Ibu,

 

Setiap kali aku tersilap

Dia hukum aku dengan nasihat

Setiap kali aku kecewa

Dia bangun di malam sepi lalu bermunajat

Setiap kali aku dalam kesakitan

Dia ubati dengan penawar dan semangat

Dan Bila aku mencapai kejayaan

Dia kata bersyukurlah pada Tuhan”

 

“Namun,

Tidak pernah aku lihat air mata dukamu

Mengalir di pipimu

Begitu kuatnya dirimu”

 

“Ibu,

 

Aku sayang padamu

Tuhanku

Aku bermohon padaMu

Sejahterakanlah dia

Selamanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda