Scroll to Top

Asalkan Timnas Indonesia U23 Raih Emas, Tak Juara Umum Pun Tidak Masalah

By Aditya / Published on Saturday, 21 Dec 2013

timnas indonesia u23 menang

Timnas Indonesia U23 telah memastikan diri lolos ke babak final cabang sepakbola SEA Games 2013. Di partai puncak, Indonesia akan menghadapi tim kuat Thailand. Pelatih Timnas Indonesia U23, Rahmad Darmawan (RD), tidak mau gagal lagi di final kali ini. Indonesia harus membawa pulang medali emas sepakbola meskipun cukup sulit untuk meraih gelar juara umum di SEA Games 2013 Myanmar ini.

Menghadapi Thailand, Indonesia masih menunggu pulihnya sejumlah pemain yang mengalami cedera, termasuk Andik Vermansyah. Apalagi anak-anak Garuda Muda baru saja menghadapi laga berat sarat gengsi yang sangat melelahkan di semifinal konra seteru abadi, Malaysia.

“Bagaimana kita melakukannya di final  akan sangat tergantung pada pemulihan pemain kami. Kami mungkin tanpa Andik Vermansyah yang masih cedera. Kami memiliki pertandingan yang sangat sulit melawan Malaysia dan kesembuhan anak-anak ini sangatlah penting,” ujar Rahmad Darmawan kepada AseanFootball.org.

Final nanti adalah pengalaman kedua bagi Rahmad Darmawan. Sebelumnya, di SEA Games 2011 di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, skuat asuhan Rahmad Darmawan gagal mengamankan medali emas setelah dipermalukan oleh Malaysia di babak final.

“Ini adalah final kedua saya sebagai pelatih dan saya akan bekerja keras tidak gagal lagi kali ini. Kami kehilangan game pertama melawan Thailand (di babak penyisihan grup Indonesia kalah 1-4 dari Thailand), tapi pertandingan terakhir ini akan berbeda,” tekad Rahmad Darmawan.

Indonesia memang sangat merindukan medali emas sepakbola di SEA Games. Terakhir kali timnas sepakbola Indonesia menjadi juara adalah di SEA Games 1991 di Manila (Filipina). Saat itu, Indonesia juga menghadapi Thailand di final dan mampu memenangkan laga setelah melalui adu tendangan penalti.

Para pemain tim Garuda di SEA Games 1991 Manila masih melegenda hingga saat ini, sebut saja Robby Darwis, Edi Harto, Widodo C. Putro, Rochy Putiray, Ferril Hattu, Peri Sandria, Yusuf Ekodono, Salahuddin, Kas Hartadi, Hanafing, Sudirman, hingga Aji Santoso yang saat ini menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U23 di SEA Games 2013 Myanmar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda