Scroll to Top

Usenet – Jejaring Sosial Pertama Di Dunia

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 07 Oct 2011

Apakah Anda tahu jejaring sosial yang pertama di dunia? Jika Anda menjawab Friendster, yang diluncurkan pada tahun 2002 yang lalu, maka jawaban Anda kurang tepat.

Friendster memang bisa dikatakan jejaring sosial perintis, yang lebih dahulu eksis dibandingkan MySpace (2003), Orkut (2004), Facebook (2004) apalagi Google+ (2011).

Akan tetapi percayakah Anda jika sebuah media mirip jejaring sosial saat ini, sudah ada sejak tahun 1979?

Seperti yang dikisahkan FastGush, bahkan 10 tahun sebelum World Wide Web tercipta, dua mahasiswa di North Carolina, Amerika, sudah menemukan cara bagaimana mereka dapat membagi berita. Sebuah pengganti papan pengumuman digital, untuk menempatkan pengumuman mereka.

Mereka menggunakan Usenet.

Usenet adalah sebuah jejaring server yang terletak secara terdesentralisasi di seluruh dunia. Dengan membagi informasi di sebuah server dengan server lain di jejaring tersebut, informasi tersebut akan terkirim dengan sendirinya ke server di seluruh jaringan.

Jadi, pesan atau informasi yang disampaikan akan tersimpan di sebuah server pengirim, dan terkirim ke seluruh server penerima di penjuru dunia.

Ini berarti tidak ada pusat server untuk Usenet. Tidak ada orang atau grup yang khusus mengontrol Usenet. Ini adalah sebuah sistem terbuka.

Hal ini tentu berbeda jika kita bandingkan dengan cara kerja jejaring sosial yang ada saat ini. Seluruh data akan tersentralisasi ke sebuah pusat server atau yang sering disebut data center/pusat data, untuk kemudian dapat diakses oleh seluruh komputer di seluruh dunia.

Informasi yang di sharing – atau untuk Usenet lebih sering dikenal dengan istilah artikel atau posting – diunggah pada beberapa newsgroup. Teknisnya hampir mirip dengan forum internet yang Anda kenal saat ini, seperti Kaskus.

Dari sekian banyak newsgroup, yang paling ramai antara lain adalah comp.*, humanities.*, misc.*, news.*, alt.*, rec.*, sci.*, soc.* dan talk.*. Dari kata-katanya Anda pasti sudah dapat mengira kategori seperti apa masing-masing newsgroup tersebut.

Walaupun Usenet sering diberitakan “meninggal”, karena bahkan mungkin Anda pun tidak pernah tahu keberadaannya, akan tetapi sebenarnya justru tiap tahun perkembangannya semakin signifikan.

Berdasarkan data dari Wikipedia, berikut adalah grafik kunjungan per hari pengguna Usenet dari tahun 1996 hingga 2011 saat ini:

Walaupun tidak sefenomenal Facebook, akan tetapi tampaknya Usenet tidak lekang oleh masa. Mungkin saja, jika suatu saat kejayaan Facebook mulai meredup, Usenet akan menampakkan taringnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda