Scroll to Top

Begini Alasan Wanita Remaja Terlihat Dewasa Cara Berpikirnya

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Dec 2013

remaja

Wanita kerap dianggap memiliki kedewasaan lebih cepat dibanding pria, bahkan di waktu masih remaja. Hal ini bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, penelitian di Universitas Newcastle mendapatkan penjelasan tentang alasan wanita mampu tumbuh cepat sisi mentalnya dibanding pria. Seperti dikutip Daily Mail, hal itu dipengaruhi oleh perkembangan otak yang berbeda di antara keduanya.

Saat lahir, manusia memiliki banyak sel otak. Namun ketika beranjak remaja, sel-sel ini mulai berkurang jumlahnya karena sel yang tidak dibutuhkan akan dibuang secara alami oleh tubuh. Sehingga, seseorang nantinya akan memiliki susunan sel otak yang lebih ramping dan efisien dalam bekerja.

Untuk melihat perbedaan antara pria dan wanita. Peneliti melibatkan 121 relawan berusia empat sampai 40 tahun. Kondisi otak mereka dipindai untuk melihat proses pemangkasan sel-sel otak pada dirinya. Dari sini diketahui, proses pemangkasan sel otak pada wanita terjadi lebih dini yaitu mulai usia 10 tahun. Sementara pada pria bisa sampai usia 20 tahun. Inilah yang membuat otak wanita remaja seringkali mampu dipakai berpikir lebih dewasa dibanding remaja pria.

“Ini adalah bagian dari proses belajar yang normal. Otak secara keseluruhan masih berkembang tetapi kehilangan koneksi,” kata Dr Marcus Kaiser, peneliti.

Kaiser mengatakan semakin efisien koneksi antara sel di otak, maka memudahkan seseorang untuk lebih berkonsentrasi terhadap sesuatu. Beda ketika koneksi sel masih sangat banyak, ibarat berada di keramaian yang seringkali otak susah diajak fokus ke suatu hal. Oleh sebab itu, wanita dimungkinkan lebih cerdas secara psikologis dibanding pria pada masa mudah mereka karena kondisi otaknya yang jauh lebih baik.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Cerebral Cortex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda