Scroll to Top

APSI, Asosiasi Pemain Saingan APPI Bentukan PSSI

By Aditya / Published on Sunday, 22 Dec 2013

Kongres APSI Ismed Sofyan

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) kini mendapatkan saingan, yaitu Asosiasi Pemain Sepakbola Indonesia (APSI). Jika APPI selama ini dikenal cukup kritis dalam menyikapi permasalahan yang terjadi di kancah persepakbolaan nasional, termasuk terkait dengan kebijakan PSSI, APSI justru bernaung di bawah federasi sepakbola Indonesia itu.

APSI sebenarnya bukan lembaga baru. Institusi ini merupakan kelanjutan dari Asosiasi Pemain Sepakbola Nasional Indonesia (APSNI) yang telah terbentuk sebelumnya. Hanya saja, pergerakan APSNI kurang terlihat jika dibandingkan dengan sepak terjang APPI.

Kemudian, berawal dari Kongres Tahunan PSSI 2013 dan berlanjut di rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dibentuklah APSNI dengan nama baru, yaitu APSI. APSI sendiri telah menggelar kongres di Jakarta pada 21-22 Desember 2013.

Terpilih sebagai Ketua Umum APSI adalah Ismed Sofyan. Bek senior Persija Jakarta ini pun mengajak para anggota APPI untuk bergabung dan bersama-sama mengelola APSI dengan baik.

“Kami membuka pintu untuk membahas masalah ini. Tujuan kita sama hanya organisasi berbeda. Harapannya APPI sedikit lunak, supaya bisa menjalankan organisasi ini secara bersama-sama. Kami tidak bermasalah anggota APSI mempunyai kartu APPI. Mungkin APPI tidak bisa menerima anggota APSI,” ajak Ismed Sofyan.

“APSI tidak mempermasalahkan APPI. Kami mengajak bersama-sama dalam organisasi ini. Wadah ini untuk pemain bermasalah terutama tunggakan gaji itu tujuannya. Saat ini belum ada kata sepakat di antara keduanya (APSI dan APPI),” lanjut sahabat Bambang Pamungkas yang justru cukup terlibat aktif di APPI ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda