Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Rayo Vallecano 2-1: Kokoh di Zona Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 23 Dec 2013

Athletic Bilbao 2

Gol Mikel San Jose dan Mikel Rico memastikan pertandingan Athletic Bilbao vs Rayo Vallecano berakhir dengan skor 2-1. Berkat kemenangan ini, Athletic Bilbao semakin kokoh di zona Liga Champions dengan mengoleksi 33 poin dari 17 pertandingan; empat angka lebih banyak dibandingkan Real Sociedad.

Sejak awal kompetisi tiga besar di klasemen Liga Spanyol sudah dipastikan menjadi milik Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid. Klub-klub tersisa hanya berharap dapat mengamankan satu tiket ke Liga Champions. Dan tahun ini, kemungkinan itu menjadi milik Athletic Bilbao. Apalagi setelah Villarreal secara mengejutkan tumbang di tangan Sevilla 1-2 pada Minggu (22/12).

Bertanding di San Mames Barria, tempat mereka tak terkalahkan, Athletic memainkan trio lini serang impian mereka. Markel Susaeta dan Iker Muniain di sektor sayap, dan Ander Herrera dari tengah. Rayo Vallecano yang masih terjerembab di zona degradasi harus dikejutkan dengan kesempatan petama tuan rumah melalui Mikel San Jose (‘5).

Setelah Gaizka Toquero membuang dua peluang, akhirnya gol datang untuk Athletic dengan cara unik. Berawal dari sepak pojok, bola gagal diamankan pemain belakang Rayo. Sapuan yang tak bersih, menyentuh tangan Gaizka Toquero. Bola disambar Mikel San Jose dua kali sebelum masuk ke gawang Ruben di menit 33.

Athletic Bilbao 1

Unggul 1-0 hinga turun minum, Athletic nyaris dibuat terpukul oleh Rayo. Laga berlangsung satu jam, Alberto Bueno sukses menyamakan kedudukan. Tim tamu memeragakan permainan cantik dengan umpan silang yang gagal diamankan Gorka Iraizoz. Adrian dan Jonathan Viera  bergantian menanduk bola sebelum Bueno melepaskan tembakan salto jarak dekat yang masuk gawang tuan rumah.

Pelatih Ernesto Valverde berbenah dengan hadirnya Ibai Gomez dan Aritz Aduriz. Hasilnya ampuh. Selang lima menit setelah gol balasan, Singa Basque bangkit. Berawal dari umpan silang Ibai, Aduriz memenangi duel dengan Alejandro Galvez sebelum menyorongkan bola pada Mikel Rico. Sang gelandang bertahan sukses membidik gawang Rayo yang lowong. 2-1!

Kesempatan lain bagi Athletic untuk memperbesar selisih gol via Ibai (’89) gagal. Tak masalah, tiga poin dipetik dan posisi mereka makin nyaman di empat besar.

Gol: Mikel San Jose ’31, Mikel Rico ’65/ Alberto Bueno ’61

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iraizoz; Iraola, Gurpegi, San José, Balenziaga; Iturraspe, Mikel Rico; Susaeta, Herrera (Ibai ’64), Muniain (Benat ’78); Toquero (Aduriz ’64).

Rayo Vallecano (4-2-3-1): Rubén; Tito, Gálvez, Zé Castro (Trashorras ’81), Mojica; Saúl, Adrián; Lass, Viera, Perea (Castillo ’74); Bueno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda