Scroll to Top

Barcelona Setahun Tak Tergusur Sebagai Pimpinan Klasemen Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 23 Dec 2013

Barcelona 3

Barcelona resmi mencatatkan rekor spektakuler tahun ini. Mereka secara sempurna, tak pernah tergusur dari puncak klasemen Liga Spanyol sejak awal Januari hingga Desember 2013, berkat kemenangan penting atas Getafe 2-5 di Coliseum Alfonso Perez pada Senin (24/12).

Sebelumnya, Atletico Madrid sempat mencuri posisi pertama saat mereka menggulung Levante 3-2. Barcelona berada dalam masalah karena mereka membutuhkan kemenangan dengan selisih dua gol untuk menyalip Rojiblancos. Keadaan memburuk karena dalam 15 menit pertama saat melawan Getafe, Barca justru tertinggal dua gol.

Namun, pasukan Tata Martino sukses bangkit berkat tiga gol Pedro Rodriguez dan dua dari Cesc Fabregas. Alhasil, tidak hanya kemenangan dua gol yang didapatkan, melainkan selisih tiga angka. Dengan tiga poin yang didapatkan dari Getafe, kini Barcelona mengumpulkan 46 poin; dan mengantongi surplus  37 gol. Atletico harus puas duduk di peringkat kedua dengan poin yang sama, tapi surplus 35 gol saja.

Barcelona 1

Bukan hanya sekadar mengamankan posisi di klasemen. Barcelona juga sukses memecahkan rekor Real Madrid yang tercipta pada musim 86-87 dan 87-88. Ketika itu Los Blancos memuncaki klasemen Liga Spanyol dalam 54 pekan beruntun. Akan halnya Barca, saat ini sudah berada di peringkat pertama klasemen dalam 55 pekan beruntun.

Ada pula catatan unik. Sejak era Pep Guardiola, kemenangan di Coliseum Alfonso Perez senantiasa menandakan Barcelona akan menjuarai La Liga. Musim 2011-2012, ketika Barca tumbang 1-0 di tempat ini, mereka harus menyaksikan Real Madrid menjadi kampiun. Nah, apakah catatan unik itu akan berulang musim ini, alias Barca akan kembali menjadi kampiun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda