Scroll to Top

Ismed Sofyan, Ketua Asosiasi Pemain Sepakbola Indonesia (APSI)

By Aditya / Published on Monday, 23 Dec 2013

Ismed Sofyan Persija

Ismed Sofyan terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemain Sepakbola Indonesia (APSI) dalam kongres yang digelar di Hotel Atlet Century, Jakarta,  tanggal 21-22 Desember 2013 kemarin. Pemain senior Persija Jakarta ini menggantikan Zaenal Arif yang menjadi ketua sebelumnya. Kongres APSI sendiri merupakan amanat dari Kongres tahunan PSSI 2013 dan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

APSI adalah asosiasi pemain sepakbola Indonesia yang mungkin saja akan bersaing dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) yang sebelumnya tampak lebih garang dalam menyikapi dinamika persepakbolaan nasional, termasuk mengkritisi kebijakan PSSI.

APSI sebenarnya bukan lembaga baru. Institusi ini merupakan kelanjutan dari Asosiasi Pemain Sepakbola Nasional Indonesia (APSNI) yang telah terbentuk sebelumnya. Hanya saja, pergerakan APSNI kurang terlihat jika dibandingkan dengan sepak terjang APPI.

“APSI selain menangani pesepakbola profesional, juga menangani pemain amatir dan pesepakbola wanita. Ruang lingkup dirangkul dalam satu wadah di APSI ini. Kami juga memasukkan pemain asing sebagai anggota,” kata Ismed Sofyan.

Uniknya, Ismed Sofyan adalah sahabat dekat Bambang Pamungkas yang selama ini sering terlihat berperan aktif APPI. Namun, Ismed Sofyan tidak berharap terjadinya konflik antara APPI dengan institusi yang dipimpinnya.

“Kami membuka pintu untuk membahas masalah ini. Tujuan kita sama hanya organisasi berbeda. Harapannya APPI sedikit lunak, supaya bisa menjalankan organisasi ini secara bersama-sama. Kami tidak bermasalah anggota APSI mempunyai kartu APPI. Mungkin APPI tidak bisa menerima anggota APSI,” ujar  Ismed Sofyan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda