Scroll to Top

4 Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

By C Novita / Published on Monday, 23 Dec 2013

obesitas

Banyak orang yang menganggap bahwa anak-anak yang memiliki berat badan lebih dari normal atau gemuk (obesitas), akan terlihat lucu dan itu adalah pertanda sehat. Padahal, sama seperti orang dewasa yang obesitas, anak yang mengalami obesitas juga bahaya bagi kesehatannya. Mereka bisa mengalami sakit jantung, atau penyakit berbahaya lainnya.

Nah, untuk itu berikut ada 4 cara mengatasi obesitas pada anak, yang dapat Anda praktekkan:

  • Hindari junk food. Junk food atau makanan cepat saji memang banyak disukai oleh anak-anak sebab rasanya gurih dan enak. Namun sebaiknya orang tua membatasi atau menghindarkan makanan jenis ini untuk putra putri mereka, sebab ada banyak kandungan lemak jahat dan kalori di dalamnya.
  • Minuman ringan kemasan. Ini juga sangat disukai oleh anak-anak, namun mengandung banyak kalori dari gula pemanisnya. Minuman tersebut juga menjadi salah satu pemicu timbulnya obesitas.
  • Sayur dan buah. Ketimbang memberi camilan berupa junk food atau minuman soda serta biskuit dan kue, lebih baik Anda berikan anak Anda yang mengalami obesitas berbagai jenis buah-buahan dan sayur.
  • Tidur lebih awal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tidur lebih awal, misal jam 9 malam, akan memiliki berat badan lebih sedikit dibanding anak-anak yang tidur larut malam. Ini membuat mereka tak tergoda untuk ngemil lebih banyak.

Kebiasaan makan makanan sehat sudah pasti akan menghindarkan anak dari obesitas. Jangan lupa pula membiasakan anak untuk berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda