Scroll to Top

Arema vs Persebaya 1-0, Singo Edan Juara Piala Gubernur Jatim 2013

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 24 Dec 2013

Hasil final Piala Gubernur Jatim 2013 antara Arema vs Persebaya berkesudahan dengan skor 1-0 untuk kemenangan Singo Edan. Lapangan Stadion Angkatan Laut Bumimoro yang tidak rata menyebabkan kedua tim besar Jawa Timur ini bermain kurang lepas. Skor Arema vs Persebaya di babak pertama 1-0 berkat Gol Samsul Arif bertahan hingga peluit akhir.

Peluang emas pertama Arema tercipta lewat sepakan lambung Gustavo Lopes menit ke-16. Apes, bola masih membentur mistar gawang. Menit ke-18, giliran Cristian Gonzales yang menciptakan peluang. Sayang, meski berdiri bebas, tendangan kaki kirinya masih tipis di kanan gawang. Terus menyerang, Singo Edan akhirnya unggul di menit ke-19.

Berawal dari umpan Gustavo yang diterima Gonzales, bola langsung disodorkan ke arah Samsul Arif. Dari sudut sempit, shooting Arek Bojonegoro ini gagal ditangkap kiper Jandri Pitoy. Arema unggul 1-0. Greg hampir saja menyamakan skor di menit ke-22. Hanya saja tendangannya masih melambung tinggi di atas mistar.

Banyak peluang tercipta untuk kedua tim di babak kedua, namun tetap tidak merubah skor pertandingan. 1-0 untuk Arema Indonesia hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.

Susunan Pemain Arema vs Persebaya:

Arema Cronous:
Made Wardhana, Victor Igbonefo, Purwaka Yudi, Benny Wahyudi (Thiery Gattusi, 76′), Ahmad Alfarizi, Juan Revi, Ahmad Bustomi, Gustavo Lopes (Gede Sukadana, 89′), Samsul Arif (Irsyad Maulana, 54′), Beto Goncalves (Hendro Siswanto, 85′), Cristian Gonzales
Pelatih: Suharno

Persebaya:
Jandri Pitoy, Ambrizal (Akbar Rasyid, 31′), Vava Mario Yagalo, Leo Saputra (Imam Yulianto, 37′), Novri Setiawan, Daniel Monchare, Ahmad Hisyam Tolle (Febri Hamzah, 86′), Patrice Nzekou (Firmansyah, 59′), Ari Prihatna, Greg Nwokolo, Pacho Kenmogne
Pelatih: Tony Ho

Prediksi sebelum pertandingan
Jadwal pertandingan Final Piala Gubernur Jatim 2013 Selasa 24 Desember 2013, akan mempertemukan Arema Indonesia Cronus vs Persebaya Surabaya. Jika tidak ada perubahan laga Final East Java Tournament 2013 akan disiarkan secara langsung oleh RCTI/MNCTV mulai pukul 15.30 wib.

Pada laga semifinal Minggu 22 Desember 2013, Persebaya dan Arema sama-sama berhasil menang dari lawan-lawannya. Jika Bajul Ijo menang tipis 1-0 atas Persela Lamongan, Singo Edan sukses melumat Persegres Gresik United 4-2.

Satu gol kemenangan Persebaya dicetak oleh Emmanuel “Paco” Kenmogne di menit ke-70. Sementara empat gol Arema dicetak Christian Gonzales menit (14 & 41), Ahmad Alfarizi (47), dan penalti Gustavo Lopez (84).

Di lain pihak panitia pelaksana (panpel) akhirnya menunjuk Stadion Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro Surabaya sebagai venue pertandingan Final Piala Gubernur Jatim 2013.

Setelah melalui debat yang cukup lama dan melelahkan di kantor KONI Jatim (Senin, 23/12/13) malam, pihak panitia memastikan pertandingan akan digelar di Bumimoro tanpa penonton.

“Fixed di Bumimoro pukul 15:00 WIB” tegas ketua panitia, Akhmad Munir.

Penentuan tuan rumah final Piala Gubernur Jatim 2013 ini memang cukup alot. Seharusnya final digelar di Stadion Kanjuruhan Malang, tapi karena Arema lolos ke final, Persebaya pun keberatan untuk bertanding ke Kanjuruhan.

Menurut Munir ini adalah keputusan yang telah disepakati semua pihak. Dia berharap partai final ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Untuk para suporter diharapkan bisa menikmati pertandingan dari rumah dengan menonton siaran langsung televisi” pungkas Munir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda