Scroll to Top

Cara Fitnes yang Benar untuk Pemula

By Ilham Choirul / Published on Monday, 23 Dec 2013

fitnes

Olahraga yang sifatnya melibatkan kerja otot lebih besar, seperti fitnes, konon lebih cepat dalam membuang lemak dan kalori. Oleh sebab itu, banyak orang lebih memiliki pergi ke gym utuk latihan demi mendapatkan tubuh yang ideal. Namun tidak udah bagi pemula untuk melakukannya. Bukan soal tidak bisa menjalankan alat-alat fitnes. Hanya saja seringkali mereka berhenti latihan sebelumnya program mereka berhasil dilaksanakan.

Untuk memudahkan fitnes bagi pemula, berikut ini tips yang bisa dilakukan:

  1. Lakukan jenis latihan mulai dari yang ringan. Langkah awal mesti harus melakukan pemanasan dengan rileks agar tidak cedera. Anda bisa memakai alat elliptical datau berjalan pelan di treadmill. Lakukan kira-kira 10 menit dan lanjutkan dengan peregangan. Untuk gerakan inti, cukup lakukan gerakan dalam satu set hitungan. Saat memakai alat, pilih dulu beban ringan.
  2. Selingi istrirahat sebentar di antara latihan. Namun Anda harus tetap melakukan semua sesi latihan yang sudah direncanakan. Istrirahat hanya untuk relaksasi agar denyut jantung tidak terlalu berlebihan. Cukup lakukan istirahat satu sampai dua menit ketika akan berganti. Setelah latihan selesai, Anda bisa istirahat sembari sauna atau berendam di kolam renang beberapa menit.
  3. Catat riwayat latihan yang telah dilakukan. Misalnya Anda mencatat berat beban yang dipakai pada latihan terakhir atau mencatat jumlah set hitungan di tiap jenis latihan. Dengan catatan ini Anda bisa melakukan pengembangan latihan ke tingkat yang lebih sulit.
  4. Komitmen untuk terus melakukan fitnes. Orang sering memanjakan mood untuk urusan olahraga. Hari ini semangat untuk latihan, besok lebih memilih untuk bersantai dan melupakan latihan. Kalau ingin berhasil dalam fitnes, Anda mesti memiliki komitmen untuk rajin berlatih.
  5. Mengimbangi dengan konsumsi makanan sehat. Gaya hidup sehat juga haris dterapkan untuk menunjang keberhasilan fitnes. Misalnya minum air dengan cukup, menjauhi makanan yang kaya lemak trans, banyak mengonsumsi sayuran dan buah, dan sebagainya.Tubuh Anda akan lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda