Scroll to Top

UU ASN Disahkan: PNS Bebas Intervensi dan Politik

By C Novita / Published on Tuesday, 24 Dec 2013

ruu asn

UU ASN (Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara) telah disahkan oleh DPR dalam rapat paripurna pada Kamis (19/12) lalu. Tujuan dari dibuatnya peraturan tersebut adalah mengubah sistem birokrasi pemerintahan dengan tujuan melayani masyarakat lebih baik lagi.

Pengesahan tersebut disetujui oleh seluruh anggota dewan, dan Pramono Anung sebagai pimpinan rapat mengetok palu untuk simbolisasi telah disahkannya RUU tersebut di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Harapannya, dengan undang-undang ASN ini maka potensi penyalahgunaan wewenang pejabat yang berada di setiap instansi pemerintah, dapat dikurangi, dan bahkan dihilangkan. Ini untuk menyadarkan para PNS bahwa yang sebenarnya mereka layani itu atasan, melainkan masyarakat, ungkap Agun Gunanjar, Ketua Komisi II DPR.

“Undang-undang ini menempatkan PNS sebagai sebuah profesi yang bebas dari intervensi dan politik,” ujar Agun seperti dilansir laman Republika seusai sidang paripurna.

Latar belakangnya, lanjut Agun lagi, selama ini PNS belum bisa bersikap netral dan gampang ikut arus politik. PNS juga kerap melakukan lobi politik untuk mendapatkan promosi jabatan.

Dengan UU ini ke depannya karir aparatur negara tak tergantung pada kuasa pejabat instansi. Sistem karir terbuka berbasis manajemen SDM, serta mengedepankan merit sistem. Diharapkan birokrasi profesional akan berubah dan terbangun bila telah berlaku UU ASN.

“ASN tidak lagi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Sebab nanti akan dibentuk lembaga yang mengurusnya yakni, komisi aparatur sipil negara,” ucap Agun lagi

Komisi itu nantinya yang mengatur manajemen ASN, dan menciptakan lembaga profesional, berkinerja, serta menjamin terciptanya merit sistem. Anggota komisi akan melalui sejumlah seleksi dan persyaratan yang tak mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda