Scroll to Top

Malam Natal 2013 Dijamin Tak Ada Teror

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 24 Dec 2013

Misa Natal

Keamanan Malam Natal 2013 mendapat perhatian khusus dari jajaran Polda Metro Jaya. Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, Kapolda Metro Jaya berujar jika ia menjamin tak akan ada teror yang akan mengancam malam natal nanti sebab jajarannya telah lakukan langkah antisipasi.

Teror Bom

Bukan satu dua kali teror bom terjadi atau terkait dengan malam Natal. Jika menilik ke belakang ada empat peristiwa mencekam yang jadi noda hitam bangsa ini. Pada malam Natal tahun 2000, tepatnya tanggal 24 Desember 2000, bom meledak di sejumlah daerah mulai Jakarta hingga Pekanbaru. Total ada 16 orang tewas dan 96 terluka.

Kemudian pada 22 Juli 2001, bom meledak di Gereja Santa Anna dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Kalimalang, Jakarta Timur. Lima orang tewas atas aksi biadab ini. Lalu pada 31 Juli 2000 bom juga meledak di Gereja Bethel Tabernakel Kristus Alfa Omega, Semarang.

Pada malam tahun baru 2000, bom juga mengguncang di depan sebuah rumah makan ayam Bulungan, Jakarta, Akibat aksi teroris ini satu orang tewas dan satu orang terluka.

Jaminan Kapolda

Sebelum Natal tiba, umat Kristiani akan lakukan malam Natal (Misa) atau malam sebelum hari kemlahiran Yesus yakni pada tanggal 24 Desember. Terkait aktivitas ini, Kapolda Metro Jaya telah berikan jaminannya dan langkah antisipasi.

Ia pastikan jajarannya terus lakukan pemantauan di lapangan dan tingkatkan intensitas koordinasi dengan Intelejen Negara dan Babinkamtibnas. Gereja mendapat perhatian penuh yang disesuaikan dengan jumlah jemaat yang lakukan Misa.

Pemeriksaan total dilakukan secara ketat mulai dari security door hingga pemasangan kamera CCTV di sekeliling Gereja hingga di tempat parkir. Aparat kepolisian bahkan telah lakukan sterillisasi Gereja sejak hari Senin kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda