Scroll to Top

Justine Sacco, Pejabat AS Ini Dipecat Akibat Nge-Tweet AIDS di Twitter

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 24 Dec 2013

Justine Sacco

Pengalaman yang menimpa Justine Sacco bisa jadi pelajaran berharga bagi pengguna Twitter di seluruh dunia. Pejabat eksekutif AS ini dipecat gara-gara nge-tweet AIDS tentang Afrika di linimasa. Bagaimana kisah itu bermula.

Justine Sacco adalah PR Executive di situs Match.com dan Directory.com. Ia juga menjabat sebagai Direktur Senior Komunikasi di Perusahaan Internet IAC. Coba perhatikan, dirinya miliki dua jabatan vital terkait komunikasi; Eksekutif PR dan Direktur Senior Komunikasi.

Namun nampaknya Justine Sacco tak paham benar bagaimana cara berkomunikasi. Aneh memang jika orang komunikasi tak tahu cara komunikasi. Ini bisa dibuktikan lewat tweet-nya di Twitter saat hendak bertolak ke Cape Town, Afrika Selatan dari London, Inggris.

“Bertolak ke Afrika. Semoga saya tidak tertular AIDS. Hanya bercanda. Saya orang kulit putih!,” tulisnya di akun @JustineSacco yang kini telah ditutup.

Ada dua kesalahan fatal di tweet di atas. Pertama, ia ‘menyamakan’ AIDS dengan Afrika. Pendek kata, Afrika adalah AIDS dan AIDS adalah Afrika. Meski hanya bercanda ada dugaan jika orang yang berkunjung ke Afrika terancam kemungkinan bakal tertular AIDS.

Kedua, ia menulis jika ‘saya orang kulit putih’. Memang ia berkulit berwarna tapi jika melihat dari situasi dan kondisi saat ia menulis kicauan tersebut, orang bakal berfikir jika Justine Sacco telah berkicau soal rasisme.

Tweet

Tak perlu menunggu lama ia akhirnya diserang dengan ratusan mention, retweet, dan favorite. Tak pelak apa yang ia tuliskan ramai diperbincangkan di jagat maya. Justine Sacco dianggap telah berkicau rasis.

Uniknya kemudian Justine Sacco tak sadar atas apa yang terjadi. Sebab, ketika jagat maya gempar atas kasusnya ia tengah dalam perjalanan menuju Cape Town. Setelah 12 jam terbang ia baru sadar telah terjadi kehebohan.

Internet tak miliki tombol delete. Meski kicauan atau akun telah dihapus namun apa yang Justine Sacco tuliskan telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Imbasnya, ia harus rela dipecat dari pekerjaannya. Mungkin cara berkomunikasi yang satu ini, via media sosial wajib Justine Sacco pelajari lebih lanjut sebelum mencari pekerjaan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda