Scroll to Top

Cryptolocker, Malware Pemburu Bitcoin Infeksi 250.000 Komputer

By Ditya / Published on Wednesday, 25 Dec 2013

malware

CryptoLocker adalah malware dari jenis ransomware pemburu Bitcoin diperkirakan telah menginfeksi sekitar 250.000 komputer. Seperti yang kita ketahui, malware jenis ransomware ini melakukan pemerasan terhadap korban dengan menuntut imbalan uang untuk menyelamatkan data milik pengguna yang disandera.

Berdasarkan keterangan dari Dell Secureworks, diperkirakan 250.000 komputer telah terinfeksi malware pemburu Bitcoin yang dijuluki CryptoLocker pada 100 hari pertama. Tak hanya itu, malware tipe ransomware ini diperkirakan telah mengantongi satu juta dollar dari hasil pemerasan.

CryptoLocker adalam malware jenis ransomware yang menginfeksi dan mengenkripsi data penting pengguna, sehingga tak dapat diakses atau digunakan. CryptoLocker kemudian memaksa korban atau pemilik data untuk membayar sejumlah uang atau Bitcoin tebusan untuk mendekripsi atau membebaskan data yang ia sandera.

Dell Secureworks juga mengatakan bahwa selain mengumpulkan 1 juta dollar, penjahat yang membuat CryptoLocker ini diperkirakan telah berhasil mengantongi 1.216 Bitcoin yang dikumpulkan sejak September 2013 lalu. Penjahat pembuat malware tersebut menukarkan beberapa Bitcoin ke mata uang dollar AS.

Seperti yang kita ketahui, Bitcoin saat ini adalah mata uang virtual yang sedang naik daun dan nilai tukarnya terhadap dollar AS cukup fantastis, yakni 1 Bitcoin setara dengan $804! Bayangkan saja berapa uang penjahat pembuat malware CryptoLocker yang telah mengantongi sekitar 1.216 Bitcoin.

“Pembuat CryptoLocker telkah menciptakan program yang kuat dan sulit dihindari. Alih-alih menggunakan kustom implementasi kriptografi seperti banyak keluarga malware lainnya, Cryptolocker menggunakan kriptografi bersertifikat kuat dari pihak ketiga yang ditawarkan oleh CryptoAPI milik Microsoft,” tulis Dell Secureworks di blognya, seperti yang dilansir dari Fudzilla (24/12/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda