Scroll to Top

Nvidia Luncurkan GeForce 8 Maxwell Februari 2014

By Ditya / Published on Wednesday, 25 Dec 2013

Roadmap Nvidia

Nvidia diperkirakan akan mulai menjual kartu grafis GeForce seri 8 yang menggunakan nama sandi Maxwell pada Februari 2014. Seperti yang kita ketahui, kartu grafis GeForce seri 8 atau Maxwell ini adalah penerus generasi Kepler yang telah beredar saat ini.

Informasi kehadiran kartu grafis GeForce generasi Maxwell ini sebenarnya telah lama diumumkan oleh Nvidia yang mentakan bahwa kartu grafis generasi baru tersebut akan dirilis pada Maret atau April 2014. Namun, informasi terakhir menunjukkan bahwa GeForce 8 Maxwell akan meluncur lebih awal, yakni pada akhir Januari atau awal Februari 2014.

OEM (Original Equipment Manufacturer) notebook terkemuka di dunia, Clevo, mengungkapkan melalui roadmap produknya bahwa kartu grafis GeForce 8 Maxwell yang terdiri dari seri GTX dan GT untuk notebook sudah hadir pada bulan Februari 2014 dan tersedia secara luas pada bulan berikutnya.

Berdasarkan informasi dari roadmap Clevo, kartu grafis Nvidia GeForce 8 Maxwell untuk notebook ini akan tersedia dalam beberapa varian, antara lain adalah GeForce GTX 880M 8GB, GeForce GTX 870M 6GB, GeForce GTX 860M 4GB, GeForce GTX 860M 2GB, GeForce GTX 850M 2GB, dan GeForce GT 840M 2GB.

Salah satu kelebihan kartu grafis GeForce 8 Maxwell besutan Nvidia ini adalah terintegrasi dengan prosesor ARMv8 untuk mendukung teknologi memori terpadu yang kompatibel dengan prosesor Intel maupun AMD. Teknologi ini diharapkan mampu menghasilkan lompatan kinerja yang luar biasa saat bermain game.

“Nomor satu untuk Maxwell, mungkin sesuatu yang kita lakukan adalah menghadirkan kemampuan visual, sesuatu yang bahkan lebih indah. Yang kedua, ada kemungkinan bahwa Maxwell menimngkatkan dukungan dalam programabilitas, kemudahan programabilitas, karena kami ingin memperluas sifat tujuan umum prosesor tanpa mengorbankan kecepatan relatif terhadap mikroprosesor.”

“Hal terakhir, efisiensi energi Maxwell, itu akan menghancurkan Kepler. Kita tahu persis bagaimana mengukurnya sekarang dan kita tahu apa artinya menjadi baik,” kata Jen-Hsun Huang, CEO Nvidia, seperti yang dilansir dari Xbitlabs (24/12/2103).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda