Scroll to Top

Imperial Crown: Mobil Presiden Soekarno yang Jago Melesat

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 25 Dec 2013

imperial crown

Presiden Soekarno pernah memiliki kendaraan kepresidenan yang terbilang cukup gahar saat itu, yaitu Imperial Crown 4 Door Hardtop buatan tahun 1962. Mobil ini di masanya merupakan kendaraan yang punyak akselerasi mantab. Untuk digeber dari posisi kecepatan 0 hingga 60 kilometer per jam “hanya” perlu waktu 9,3 detik.

Kecepatan maksimal mobil tersebut adalah 195 kilometer per jam. Ini jauh lebih tinggi dibanding Cadillac Fleetwood saat itu yang punya kecepatan tertinggi 180  kilometer per jam. Dan, dengan kecepatan ini menempat tunggangan Soekarno dalam jajaran mobil tercepat.

“Jika dibandingkan dengan spesifikasi mobil lain seperti Cadillac Fleetwood, Oldsmobile Sedan yang kecepatan maksimalnya di bawah 180 km per jam, kita bisa simpulkan Imperial Crown mobil Soekarno tercepat,” kata Prayitno, panitia acara dan teknisi di stan Presidential Limo di ajang Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICC Show) 2013 , seperti dikutip Antara.

Mobil yang memulai debut pada 1957 itu dibekali dengan mesin silinder V8. Tenaga yang dihasilkannya sebesar 340 HP di putaran mesin 4.600 rpm. Dan, Imperial Crown memiliki transmisi yang cukup baik. Getaran mobil tidak terlalu dirasakan penumpang yang menaikinya.

Sementara dimensi mobil ini punya panjang 5,7 meter. Lebarnya yaitu 2 meter. Bodi mobil punya aksen mewah dengan adanya Eagle melengkang di sebelah depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda