Scroll to Top

Inilah 8 Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 25 Dec 2013

makan jeruk

Vitamin C seperti menjadi nutrisi andalan ketika seseorang jautuh sakit atau memerlukan kondisi badan yang selalu sehat. Vitamin ini memang cukup banyak manfaatnya sehingga menjadi cukup favorit. Melalui vitamin C, orang dapat normal tekanan darahnya, meningkat energinya, hingga berkurang keriput di wajah.

Menariknya, vitamin C larut dalam air. Jika jumlahnya agak berlebih di dalam tubuh, makan akan dibuang lewat urin. Dan, dikutip dari She Knows, berikut ini beberapa manfaat yang bisa diandalkan dari vitamin C pada tubuh:

  1. Bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel tubuh menjadi stres. Akibat yang dapat ditimbulkan seperti pengerasan arteri hingga kemunculan kanker. Mengonsumsi vitamin C dari bahan alami secara teratur cukup penting maknanya.
  2. Menambah energi. Ketika tubuh kemasukan vitamin ini maka akan terbentuk nutrisi L-carnitine. Gunanya untuk membakar lemak dan diubah menjadi energi. Artinya, vitamin C cocok untuk mengatasi kelelahan tubuh dan mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas.
  3. Menyehatkan mata. Selain vitamin A, vitamin C juga berguna untuk membantu mengurangi risiko katarak dan menjaga fungsi penglihatan. Vitamin C turut  meningkatkan jumlah aliran darah ke mata.
  4. Meredam hipertensi. Aliran darah akan kembali lancar saat tubuh tercukupi vitamin C. Masalah hipertensi bisa diatasi.
  5. Kulit lebih halus dan tulang bertambah kuat. Vitamin C merangsang produksi kolagen yang berguna sebagai zat pelentur kulit. Di samping itu, vitamin ini juga berkontribusi pada penurunan risiko patah tulang.
  6. Memperbaiki mood. Vitamin C membantu peningkatan produksi sejumlah hormon yang berkaitan dengan perbaikan suasana hati. Misalnya adalah dopamin, norepinefrin, dan epinefrin. Di samping itu, orang yang kekurangan vitamin C cenderung gampang marah, cemas, dan emosi.
  7. Melindungi dari infeksi. Vitami membantu peningkatan kekebalan tubuh yang dapat melawan berbagai infeksi. Misalnya yaitu melawan virus flu.
  8. Bagian dari terapi pengobatan kanker. Dosis besar vitamin C yang diberikan pada penderita kanker membantu proses terapi. Metode pemberiannya biasa memakai intravena , meskipun juga lewat oral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda