Gerrard-Barry

Hasil pertandingan liga Inggris antara Manchester City vs Liverpool berakhir dengan skor 2-1. Liverpool vs Manchester City ini sekaligus mengantarkan The Citizens ke peringkat kedua klasemen Liga Inggris, berselisih satu point dengan pemuncak klasemen sementara Arsenal.

City dan Liverpool bermain terbuka sejak babak pertama dimulai. Tampil dengan status memenangi semua laga kandang, Manchester City langsung mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya di menit-menit awal mereka sudah mampu membahayakan gawang The Red. Baru 5 menit pertandingan berjalan umpan Negredo kepada Jesus Navas nyaris berbuah gol. Sayang sundulannya masih membentur gawang.

Di menit ke 15 serangan balik Liverpool hampir saja membahayakan gawang City. Suarez yang melakukan solo run dari tengah lapangan mampu memberikan umpan terobosan ke Sterling . Sayangnya pergerakan pemain muda Liverpool ini bisa dipatahkan bek Liverpool di dalam kotak penaltinya.

Liverpool membuka skor pertama melalui Coutinho. Gol Liverpool berawal dari sentuhan Luis Suarez di area penalti Manchester City kepada Sterling. Bola tersebut langsung digocek ke arah kanan gawang City yang dijaga Joe Hart, dan coutinho yang lebih dekat dengan bola, langsung menyepak ke gawang City yang sudah kosong.

City langsung meningkatkan tekanan. Mereka hampir langsung menyamakan kedudukan, namun tendangan Yaya Toure masih membentur pertahanan Liverpool. Gol penyimbang Liverpool lahir di menit ke 30 berkat sundulan Kompany yang memanfaatkan tendangan sudut Silva.

Liverpool hampir kembali memimpin lagi ketika trisula mereka Luis Suarez, Sterling, dan Coutinho membangun kerjasama secara apik. Namun tendangan Coutinho masih bisa diblok kiper Liverpool Hart.

Justru serangan balik cepat Navas berhasil melepas umpan terobosan ke arah Negredo. Tembakan keras pemain asal Spanyol ini tak mampu dibendung kiper Liverpool Mignolet. City akhirnya menyudahi babak I dengan keunggulan 2-1.

Di babak II, Liverpool tampil menekan Manchester City. Sayang sejumlah peluang emas khususnya di awal babak pertama gagal mereka manfaatkan. Termasuk peluang emas yang harusnya bisa dikonversi menjadi gol, justru dibuang sia-sia oleh Sterling.

Prediksi sebelum pertandingan

Jadwal Liga Inggris: Komposisi tim di papan atas klasemen sementara Liga Inggris 2013-2014 berpotensi berubah lagi setelah dua penghuninya akan saling berhadapan, yakni Manchester City vs Liverpool di Etihad Stadium, Jumat (27/12/2013) pukul 00.30 WIB. Liverpool saat ini memimpin klasemen dengan 36 poin, sedangkan City ada di urutan ketiga dengan satu poin lebih sedikit.

Jelang laga ini, ketakutan melanda Manuel Pellegrini. Bagaimana tidak, kali ini timnya harus menghadapi tim yang tengah on fire yang memiliki top skor sementara dengan 19 gol, yakni Luis Suarez.

“Akan sangat sulit. Liverpool adalah tim bagus dan Suarez sedang dalam momen terbaiknya,” jelasnya.

Akhir pekan lalu, City menang 2-4 di markas Fulham tanpa beberapa pilar yang absen. Utamanya adalah Sergio Aguero dan Pablo Zabaleta. Bahkan absennya nama terakhir membuat Gael Clichy yang aslinya adalah bek kiri, dipaksa untuk main di pos bek kanan. Hasilnya adalah satu gol Fulham di laga itu karena mereka bisa memanfaatkan kecanggungan Clichy bermain di posisi itu.

Selain itu, pertahanan City juga tengah dalam tanda tanya besar. Setelah melewati 15 pertandingan dengan pertahanan kokoh, dalam dua pertandingan terakhir gawang mereka malah kebobolan lima gol, masing-masing tiga dari Arsenal dan dua dari Fulham.

Situasi itu jelas sangat berbahaya lantaran Liverpool punya Suarez, striker yang tengah menggila saat ini. Meski pun masih harus tanpa Steven Gerrard dan Daniel Sturridge, Suarez diyakini masih akan tetap tajam dengan dukungan Philippe Coutinho, Raheem Sterling, dan Jordan Henderson.

Perkiraan susunan pemain:

Man. City (4-2-3-1): 1. Joe Hart; 22. Gael Clichy, 4. Vincent Kompany, 26. Martin Demichelis, 13. Aleksandar Kolarov; 25. Fernandinho, 42. Yaya Toure; 15. Jesus Navas, 8. Samir Nasri, 21. David Silva; 9. Alvaro Negredo. Manajer: Manuel Pellegrini

Liverpool (4-3-3): 22. Simon Mignolet; 34. Martin Kelly, 37. Martin Skrtel, 5. Daniel Agger, 2. Glen Johnson; 21. Lucas Leiva, 24. Joe Allen, 14. Jordan Henderson; 10. Philippe Coutinho, 31. Raheem Sterling, 7. Luis Suarez. Manajer: Brenda Rodgers

Head to head:

03-02-2013: Man. City 2-2 Liverpool

26-08-2012: Liverpool 2-2 Man. City

26-01-2012: Liverpool 2-2 Man. City

12-01-2012: Man. City 0-1 Liverpool

04-01-2012: Man. City 3-0 Liverpool

Prediksi: Man. City 2-2 Liverpool