Scroll to Top

Pengumuman CPNS 2013: BKN Siap Proses Penetapan NIP

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 26 Dec 2013

CPNS 2013

Setelah pengumuman hasil tes CPNS 2013, kini BKN (Badan Kepegawaian Negara) berencana untuk melakukan pemberkasan NIP (Nomor Induk Pegawai) terhadap peserta yang lolos ujian. Prioritas akan diberikan kepada daerah yang begitu pengumuman CPNS berlangsung, segera mengajukan usulan pemberkasan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BKN, Eko Sutrisno yang menegaskan, semakin lama daerah mengajukan usulan pemberkasan, berarti semakin lama pula waktu menunggu penetapan NIP.

Katanya seperti dilansir JPNN, “Kita siap memproses pemberkasan NIP. Yang kita prioritaskan adalah daerah yang mengajukan usulan pemberkasan lebih dulu.”

Di samping itu, Eko Sutrisno yang juga merupakan Ketua Panselnas, menyesalkan sikap pemerintah daerah yang enggan menetapkan kelulusan peserta CPNS. Pada titik ini, ia berharap agar PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) di daerah memberikan komitmen terbaik.

“Kami mengimbau agar seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) di daerah memikirkan masalah ini juga. Saya yakin para PPK akan bertindak bijaksana.”

Dengan tidak menetapkan kelulusan dan tidak melakukan pemberkasan, berarti akan ada rakyat, dalam hal ini peserta yang lolos, yang dirugikan. Pimpinan daerah  semestinya mempertimbangkan peserta yang lulus.

“Tinggal satu langkah lagi penetapan kelulusan dan pemberkasan. Marilah kita tuntaskan tugas bersama ini untuk kepentingan masyarakat banyak, negara dan bangsa,” jelasnya.

Hal senada sempat disampaikan oleh Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja yang berkata, “Pemda harusnya ingat dengan peserta tes CPNS yang lulus. Karena daerah menolak umumkan, otomatis pemberkasan CPNS jadi molor. Akibatnya yang jadi korban adalah peserta ujiannya.”

Foto: Tribunjabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda