Scroll to Top

Samsung Knox Miliki Celah Keamanan, Tidak Aman?

By Ditya / Published on Thursday, 26 Dec 2013
Samsung Knox
Samsung Knox

Software atau perangkat lunak keamanan untuk bisnis buatan Samsung, yakni Knox diketahui memiliki celah kemananan. Ini berarti perangkat lunak keamanan Samsung Knox belum bisa disebut aman. Celah keamanan yang ditemukan pada Samsung Knox ini diketahui berisiko terhadap data pengguna.

Seperti yang kita ketahui, dunia bisnis dan enterprise banyak yang beralih dari BlackBerry ke Android dan Apple iOS. Android dianggap banyak pihak sebagai sistem operasi yang kurang aman. Oleh sebab itu, Samsung mengembangkan Knox untuk membentengi perangkat Android besutannya.

Baru-baru ini ditemukan celah keamanan yang cukup serius di perangkat lunak Samsung Knox. berdasarkan peneliti keamanan cyber di Ben Gurion University yang berlokasi di Negev, Israel, mengatakan email dan komunikasi data pada perangkat Samsung rentan terhadap eksploitasi penyusup.

Celah keamanan tersebut memudahkan penyerang untuk menafsirkan data yang seharusnya dilindungi. Risiko terburuk pada celah keamanan Samsung Knox ini adalah penyerang yang cerdik mampu memasukkan kode berbahaya melalui celah keamanan tersebut dan membuat keamanan data pengguna terancam.

Celah keamanan Knox yang ditemukan pada awal bulan Desember 2013 ini dibantah oleh Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengatakan bahwa handset yang diuji tidak memiliki semua fitur Knox yang terinstal, sehingga hal tersebut menimbulkan celah keamanan.

Saat ini smartphone Samsung galaxy S4 sedang diuji dan dipertimbangkan oleh Departemen Pertahanan AS, termasuk penggunaan internal Pentagon. Sejauh ini memang tak ada keterangan atau pernyataan resmi dari Pentagon bahwa Samsung Knox tidak aman.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena (25/12/2013), sampai saat ini tak ada tindakan khusus yang dilakukan Samsung untuk menindaklanjuti kabar celah keamanan Knox.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda