Scroll to Top

Hacker FB Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari Ditahan

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 26 Dec 2013

Facebook

FB Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari telah diretas hacker beberapa hari yang lalu. Peretas, Nurhamdi Irawan Pulungan telah mengakui kesalahannya. Apa dan bagaimana peristiwa itu bermula?

Nurhamdi, pemuda dari Asahan, Sumatera Utara kini jadi pesakitan di Polda Metro Jaya. Mulanya ia mengakui perbuatan ini pada sepupu. Nurhamdi mendapat firasat ia akan ditahan dalam beberapa hari sebelum akhirnya benar-benar ditahan.

Ari Pandanu, sepupu Nurhamdi berujar jika dirinya kerap melihat sepupunya termenung. Tatkala ditanya, Nurhamdi mengatakan sedang miliki firasat buruk. Lantas mengapa ia menjebol akun FB Wakil Ketua MPR?

Pertanyaan itu sempat dilontarkan Ari pada Nurhamdi saat menjenguknya dibalik tirai besi. Dengan santai sepupunya menjawab, “Cuma iseng”.

Di Kantor Polisi Nurhamdi dicecar beragam pernyataan terkait profesinya sehari-hari. Polisi juga menyita barang-barang pribadi miliknya seperti HP dan laptop.

Nurhamdi ditangkap pada tanggal 24 Desember 2013 sekitar pukul 19:30 WIB. Pada saat penangkapan, ia sedang berada di depan gang rumah neneknya, tepatnya di warung mie ayam dan jagung bakar.

Pasca penangkapan, Nurhamdi kemudian digelandang ke Polres Asahan. Selang sehari kemudian ia diterbangkan ke Jakarta untuk diserahkan ke Polda Metro Jaya.

“Pada saat ditahan saya nggak sama dia. Dia udah ditangkap dan jadi tahanan titipan di Polres Asahan,” jelas Ari.

Mengutip beberapa sumber, Nurhamdi di akun FB Wakil Ketua MPR meminta pulsa mulai nominal Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta pada kontak teman Hajriyanto Tohari via inbox. Mulanya mereka tak menaruh curiga namun tatkala dilakukan berulang-ulang serta dengan nomor HP yang selalu berubah kecurigaan itu pun akhirnya muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda