Scroll to Top

Boxing Day adalah Hari Libur Setelah Natal, 26 Desember

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 26 Dec 2013

Boxing Day

Boxing Day adalah hari libur yang diperingati setelah Natal yakni pada tanggal 26 Desember. Mungkin bagi sebagian orang mengenal Boxing Day terkait dengan laga pertandingan sepak bola Liga Inggris pasca sehari setelah Natal atau hari ini. Namun, makna Boxing Day sendiri miliki arti lebih dari itu.

Hari Boxing Day mulanya diperingati di Inggris. Pada tanggal 26 Desember atau sehari setelah Natal, masyarakat Inggris berikan kado atau hadiah pada anak buah, bawahan, atau kolega mereka yang kemudian hadiah tersebut dibawa pulang ke rumah untuk dirayakan bersama keluarga.

Dari tradisi tersebut maka muncullah istilah Boxing Day yang bermakna memberi atau mengambil hadiah (box). Lalu budaya tersebut terus dilakukan oleh warga Inggris untuk habiskan liburan Natal dengan berkumpul bersama keluarga.

Di Inggris, Wales, Irlandia, serta Kanada, sejak tahun 1871, tanggal 26 Desember dijadikan hari libur nasional. Boxing Day juga jadi tradisi di Hong Kong, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Jamaika, Malta, dan beberapa negara persemakmuran Inggris lainnya.

Terkait dengan laga bola, Boxing Day jadi kesempatan bagi tim-tim Liga Primer Inggris untuk berikan kado spesial pada pendukungnya. Di saat mereka habiskan momen liburan Natal dengan keluarga, sebuah kemenangan atau angka tiga poin penuh bakal jadi kado Natal spesial yang tidak akan terlupakan.

Di kebanyakan negara Eropa khususnya Jerman, Polandia, Skandinavia, serta Belanda, tanggal 26 Desember diperingati sebagai Hari Kedua Natal. Mungkin hampir serupa dengan Hari Kedua Idul Fitri bagi kalangan umat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda