Scroll to Top

9 Tahun Tsunami Aceh, Ribuan Ikan Meloncat ke Pantai Malaysia

By C Novita / Published on Thursday, 26 Dec 2013

Tanggal 26 Desember 9 tahun yang lalu, terjadi bencana alam yang dahsyat yaitu gempa Bumi yang disusul dengan gelombang tsunami yang melanda Aceh dan negara-negara di sekitarnya. Uniknya, menjelang peringatan 9 tahun bencana tersebut terjadi fenomena alam mencengangkan di pesisir Pantai Kampung Tambisan, Sabah, Lahad Datu, Malaysia. Ribuan ikan terlihat mendekati pantai, dan langsung saja ditangkapi oleh penduduk sekitar.

Karena kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi, maka penduduk setempat menamakan fenomena ikan naik ke pantai itu dengan sebutan ‘ikan tambah’. Terlihat betapa ramainya suasana saat ribuan ikan tersebut menyerbu pantai dalam video di bawah.

Suzila Abdullah, penduduk daerah tersebut mengatakan bahwa ini adalah kejadian ke 3 kalinya, namun yang paling besar jumlah ikannya.

“Tetapi tahun ini kelihatan berbeda, karena jumlah ikan yang timbul amat banyak,” kata Suzila.

Ia melanjutkan bahwa hal tersebut bisa disebabkan oleh kuatnya ombak yang terjadi musim ini. Ikan-ikan jadi naik ke darat, namun hanya berlangsung 2-3 hari saja.

Hasil tangkapan ribuan ikan tersebut oleh penduduk diolah untuk konsumsi sendiri, atau juga dijual disekitar wilayah Lahad Datu.

Berbeda lagi dengan di wilayah Lampulo, Banda Aceh. Nelayan memperingati 9 tahun peristiwa tsunami Aceh dengan tidak melaut, dan hanya berdo’a untuk mengenang ribuan korban yang jatuh saat bencana itu terjadi.

“Kita sudah mengeluarkan imbauan untuk tidak melaut dan menghentikan segala aktivitas pada Kamis besok, untuk melakukan doa bersama di mesjid, dan ini sudah banyak kapal yang bersandar,” kata Panglima Laot Lhok Krueng Aceh, Tabrani di Banda Aceh.

Berlakunya adalah mulai pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB hari Kamis 26 Desember. Untuk nelayan yang melanggar akan berlaku sanksi yaitu tidak boleh melaut selama 1 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda