Scroll to Top

Vo2 Max Evan Dimas Masih Tertinggi di Timnas Indonesia U19

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 26 Dec 2013

Kapten Timnas Indonesia U19, Evan Dimas masih menjadi yang terbaik dalam ketahanan stamina diantara pemain-pemain lainnya. Hal tersebut terungkap dari hasil tes Vo2 max pemain Garuda Jaya yang masih menjalani pemusatan latihan (TC) di Batu Malang Jawa Timur.

Sesuai hasil tes fisik terakhir yang dilakukan terhadap semua pemain, kondisi fisik Evan Dimas menempati ranking terbaik. Vo2 max yang dimiliki pemain kelahiran Surabaya 18 tahun lalu ini mencapai 63.

“Itu vo2 max tertinggi pemain Timnas U-23. Pemain lain level vo2 max nya masih di bawah Evan Dimas” ungkap dr Alfan Nur Asyhar, dokter Timnas U-23 seperti yang dilansir Tribunnews.

Menurut Alfan kondisi vo2 max pemain Tmnas U19 saat pertama menjalani TC di Batu masih pada rentang 50-55. Setelah menjalani latihan hampir dua bulan di Batu, kondisi fisiknya terus mengalami peningkatan.

“Kondisi fisik anak-anak meningkat bagus sekali. Awal masuk paling tinggi 55 dan sekarang sudah 63″ tambahnya.

Dokter lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu menerangkan, dirinya akan kembali melakukan tes fisik bagi Evan Dimas Cs pada akhir Desember 2013. Diharapkan hasil tes bisa membuahkan hasil fisik bagus.

“Kami akan lakukan tes lagi sebelum TC tahap kedua di Jogjakarta. Hasil tes akan jadi bahan pertimbangan pelatih menentukan program” tegas Alfan.

Menurut Alfan jika vo2 max pemain Timnas U19 mencapai level di atas 60, itu merupakan hasil yang cukup bagus untuk menghadai Piala AFC di Myanmar pada Oktober 2014 nanti.

“Standar pemain internasional vo2 max pada level 60, itu sudah. Syukur-syukur bisa lebih baik lagi. Pemain-pemain di liga Eropa, standar vo2 max nya adalah 60″ pungkas Alfan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda