Scroll to Top

7 Cara Membuat Jantung Sehat

By Ilham Choirul / Published on Friday, 27 Dec 2013

jantung sehat

Jantung adalah organ yang mesti dijaga kesehatannya. Dari sinilah semua makanan bagi jaringan tubuh akan dipasok. Jantung mendistribusikan oksigen dan nutrisi yang menjadi makanan untuk jaringan. Kalau sampai terganggu, bisa menghambat distribusi dan merugikan jantung itu sendiri.

Dikutip dari Times of India, berikut tujuh cara membuat jantung lebih sehat:

  1. Melakukan skrinning. Langkah pencegahan sangat diperlukan untuk mengetahui sejauhmana seseorang memiliki risiko penyakit jantung. Penyakit ini punya beberapa faktor pemicu seperti tekanan darah dan kolesterol. Maka, lakukan pengecekan secara teratur pada kadar kolesterol dan tingkat tekanan darah. Selain itu, periksa juga kadar glukosa. Setelah hasilnya keluar, datangi dokter jantung dan minta saran kesehatan yan baik untuk jantung Anda.
  2. Aktif secara fisik setiap. Seberapa pun repotnya Anda, usahakan badan bisa digerakkan minimal 15 menit sehari. Misalnya, sembari bekerja di kantor, lakukan jalan kaki di sepanjang ruang kantor atau lingkungan sekitarnya beberapa saat ketika beristirahat. Atau, berolahraga secara rutin bisa menjadi pilihan yang tepat daripada seharian duduk melihat teve.
  3. Minum cukup air. Air merangsang jantung bekerja lebih baik. Sekitar 80 persen tubuh terdiri dari cairan. Air membantu darah tidak mengental dan menyehatkan sel tubuh.
  4. Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan berlemak.  Makanan cepat saji bukan pilihan tepat sebagai gaya hidup Anda. Makanan ini cenderung tinggi kalori dan lemak berbahaya. Usahakan menikmati santap makan dengan makanan buatan sendiri yang kaya serat dan nutrisi. Memasukkan sayuran dan buah-buahan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung.
  5. Jauhkan rokok dan alkohol. Kedua benda haram ini hanya akan menyempitkan arteri hingga mengentalkan darah. Perokok dan alkoholik cenderung memiliki kondisi organ tubuh yang terus melemah. Jantung menjadi tida sehat dan rentan terkena serangan.
  6. Tidur nyenyal. Tidur dengan waktu cuku akan membantu semua bagian tubuh untuk memiliki fungsi lebih baik, termasuk jantung. Tidur akan menormalkan tekanan darah dan menghindarkan dari diabetes. Sebaiknya setiap hari tidur 6-8 jam. Kurang atau kelebihan tidur tidak baik bagi tubuh.
  7. Hindari stres. Tekanan pada pikiran membuat banyak masalah bagu kesehatan. Stres akan meningkatkan tekanan darah yang bisa memicu serangan jantung dan stroke. Apalagi jika sampai depresi, risiko keburukan pada tubuh makin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda