Scroll to Top

Samsung Galaxy S4 vs Nexus 5, Mana yang Terbaik?

By Ditya / Published on Friday, 27 Dec 2013

Galaxy S4 vs Nexus 5

Samsung Galaxy S4 bisa dikatakan sebagai smartphone kelas atas paling populer dan laris saat ini. Namun bersamaan dengan rilis Android 4.4 KitKat, Google juga merilis smartphone Nexus 5 yang mengusung spesifikasi yang cukup canggih. Lalu Samsung Galaxy S4 vs Nexus 5, mana yang lebih unggul? Simak ulasan berikut ini.

Layar & Sistem Operasi

Samsung Galaxy S4 menggunakan layar Super AMOLED berukuran lebih besar, yakni 4,99 inci dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan layar mencapai 441 ppi (pixel per inch) yang dilindungi oleh Gorilla Glass 3, serta menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean yang baru saja mendapat update Android 4.3 Jelly Bean.

Sedangkan Nexus 5 datang dengan layar berukuran 4,95 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar mencapai 445 piksel per inci dan dilindungi oleh lapisan anti gores Gorilla Glass buatan Corning. Smartphone ini unggul dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat terbaru.

Chipset & Prosesor

Samsung Galaxy S4 ditenagai chipset Exynos 5410 Octa 4+4 core ARM Cortex-A7 1,2GHz dan ARM Cortex-A15 1,6GHz dengan grafis dari PowerVR SGX544MP3. Keduanya dibekali dengan memori RAM sebesar 2GB.

Sedangkan Nexus 5 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang mengusung prosesor quad-core Krait 400 dengan kecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh grafis mumpuni dari Adreno 330. Nexus 5 jelas lebih unggul dari Samsung Galaxy S4 di sektor ini.

Kamera & Baterai

Samsung membekali Galaxy S4 ini dengan dua kamera, kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash dan kamera depan dengan resolusi 2,1 megapiksel. Galaxy S4 mengusung baterai berkapasitas 2600mAh. Harus diakui, Galaxy S4 unggul di sektor kamera.

Sedangkan Nexus 5 dibekali dengan kamera belakang resolusi 8 megapiksel menggunakan sensor 1/3.2″ dengan aperture f/2.4 yang dilengkapi dengan LED flash dan teknologi OIS untuk mencegah blurr saat memotret. Nexus 5 juga dilengkapi dengan kamera depan resolusi 1,3 megapiksel untuk video call. Nexus 5 mengusung baterai berkapasitas 2300mAh.

Konektivitas & Memori

Samsung Galaxy S4 ini mengusung memori internal berkapasitas 16GB yang dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. LG G2 ini telah mendukung konektivitas Bluetooth, WiFi, dan NFC.

Nexus 5 ini tersedia dalam dua varian kapasitas memori internal, yakni 16GB dan 32GB. Kedua varian ini tidak dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Nexus 5 ini didukung oleh fitur WiFi, Bluetooth, NFC (Near Field Communications) atau Android Beam, 3G HSPA, dan 4G LTE.

Kesimpulan

Secara umum, keduanya bisa dikatakan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Galaxy S4 unggul dengan kamera resolusi yang lebih tinggi. Sedangkan Nexus 5 datang dengan dapur pacu yang lebih cepat dan dukungan update Android yang lebih cepat. Sayangnya, Nexus 5 sampai saat ini belum masuk pasar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda