Scroll to Top

4G LTE Indonesia: 2014 Rancang Regulasi, 2015 Terealisasi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 27 Dec 2013

4G LTE

4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia diyakini baru akan hadir dalam dua tahun mendatang. Tahun 2014 pihak terkait dan pemerintah dipercaya baru akan susun regulasinya. Sedangkan penerapannya sendiri diyakini akan dilakukan pada tahun 2015 nanti.

Ada sebuah keyakinan jika operator selular tanah air masih belum memungkinkan untuk mengadopsi teknologi jaringan 4G LTE. Tak hanya persoalan kesiapan namun juga masalah regulator yang baru akan sedang digodok.

Orlena Kusnani, CTO Alcatel-Lucnet Indonesia berujar jika kemungkinan besar 4G LTE baru bisa dinikmati pengguna internet di tanah air di tahun 2015. Pemerintah, katanya, butuh waktu soal regulasi. Sedangkan operator juga harus mengoptimalkan teknologi 3G.

Senada dengan pendapat di atas, Muhammad Bagus Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kominfo juga berucap sama. Regulasi, katanya baru akan difikirkan tahun depan. Sedangkan teknologi 4G LTE baru dua tahun lagi.

Pemerintah saat ini sedang fokus dalam menata ulang spektrum yang akan digunakan untuk layanan komunikasi. Pemerintah masih belum putuskan di spektrum mana teknologi 4G LTE akan berjalan.

Diprediksi 4G LTE Indonesia akan memilih di spektrum 1,8 GHz. Spektrum tersebut dinalai paling memungkinkan dan cukup baik untuk menggelar 4G LTE di tanah air.

4G LTE di Asia sudah dinikmati oleh beberapa negara. Misalkan saja Korea Selatan dan Jepang. Pemerintah harus cepat adaptasi teknologi ini. Terlebih muncul kabar jika teknologi komunikasi generasi selanjutnya, 5G kini sedang dalam tahap pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda