Scroll to Top

Edward Snowden Puas Usahanya Berbuah Hasil

By Ibnu Azis / Published on Friday, 27 Dec 2013

Edward

Edward Snowden, mantan kontraktor NSA atau Badan Keamanan AS ini namanya mungkin tidak paling populer di jagat maya di tahun ini. Namun aksinya yang heroik membuka mata dunia jika ‘dinding pun bisa mendengar’. Aksi penyadapan yang ia bocorkan berbuah hasil. Ia mengaku puas dan menganggap misinya telah selesai.

Di negeri ‘Abang Sam’ beberapa waktu lalu muncul sebuah acara debat politik yang membahas tentang batas-batas pengawasan. Debat politik itu sendiri dihadirkan akibat isu yang digelontorkan oleh Edward Snowden.

Kemunculan debat politik dengan tema tersebut menunjukkan dua hal. Pertama, masyarakat telah peduli atas isu yang digulirkan Edward Snowden. Ini sebagai bukti jika ia tidak hanya sekadar omong kosong. Kedua, adalah titik tolak keberhasilan atas usaha membongkar semua tindakan tersebut.

Edward Snowden mengaku puas. Ia menyebutnya sebagai sebuah kemenangan. Pria berusia 30 tahun ini juga tak lupa ucapkan terima kasih pada awak media yang selama ini membantunya. Pengawasan yang berlebihan dari NSA menurutnya harus segera diubah dan masyarakat wajib sadar dan mengetahuinya.

Kini Edward Snowden tinggal sementara di Rusia yang berikan suaka hingga musim panas nanti. Ia di negeri ‘Beruang Merah’ tinggal di sebuah ruang tertutup dan lakukan beberapa aktivitas seperti mengakses web dan menerima kunjungan.

Jika Edward Snowden tak beberkan data kebusukan NSA mungkin kita tak pernah tahu jika selama ini Australia menguping SBY, Ibu Negara, dan sejumlah menteri.

Dan jika Edward Snowden memutuskan tetap bungkam, mungkin Australia masih menguping tingkah laku presiden kita hingga hari ini, di masa mendatang, dan di masa depan, atau entah sampai kapan itu dan pemerintah kita tidak menyadari aksi tidak terpuji tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda