Scroll to Top

5 Efek Kesehatan Dari Ciuman

By C Novita / Published on Saturday, 28 Dec 2013

ciuman

Ciuman ternyata tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hubungan dan kemesraan dari sepasang suami istri. Selain itu, tahukah Anda bahwa melakukan aktifitas ciuman juga baik bagi kesehatan tubuh? Nah, apa saja efek kesehatan dari ciuman tersebut? berikut seperti dilansir oleh laman Huffington Post.

  • Kesehatan gigi

Sebelum melakukan aktifitas ciuman, biasanya Anda mempersiapkan kebersihan mulut terlebih dahulu, bukan? Minimal sikat gigi pasti akan Anda lakukan, sebab bila tidak, ada perasaan malu jika mulut menguarkan bau busuk serta kotoran terselip di gigi. Nah, selain itu saat berciuman maka produksi air liur akan bertambah banyak. Ini baik untuk mengurangi penumpukan plak dan mencuci bakteri yang ada di mulut.

  • Hilangkan kerut wajah

Saat berciuman maka otot wajah akan menegang dan mengerut, seperti saat senam wajah. Ini pada akhirnya memberikan efek baik untuk menghilangkan kerut di wajah.

  • Meningkatkan imunitas

Saat berciuman akan terjadi pertukaran kuman melalui mulut. Peneliti yakin bahwa cara ini akan membuat tubuh mempersiapkan diri melawan jenis kuman tersebut. Hampir mirip seperti imunisasi, yaitu virus dimasukan dalam tubuh agar sistem imun meningkat.

  • Menurunkan stres

Ciuman akan memberi efek relaksasi, dan penurunan hormon kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang muncul saat stres. Jadi secara mudahnya, ciuman dapat membantu menurunkan tingkat stres seseorang.

  • Meringankan alergi

Penelitian di Jepang mengungkap bahwa ciuman 30 menit membuat pasangan mempunyai tingkat alergen yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda