Scroll to Top

Bursa Bitcoin Dihentikan di India

By Ditya / Published on Saturday, 28 Dec 2013

Bitcoin

Setelah China melarang penggunaan mata uang virtual Bitcoin, kini India menyusul dengan memberlakukan kebijakan yang sama. India telah menghentikan bursa mata uang virtual Bitcoin karena mata uang virtual tersebut mengandung risiko pencucian uang dan terorisme.

Berdasarkan informasi dari The Economic Times, Reserve Bank of India atau bank sentral India telah mengeluarkan peringatan pada 24 Desember 2013 lalu untuk menghentikan penggunaan Bitcoin. Bank sentral India tersebut juga mengatakan bahwa Bitcoin sangat berbahaya karena fluktuasi nilai dan transaksi yang tak bisa diatur.

Tak hanya itu, Reserve Bank of India juga mengatakan bahwa peredaran Bitcoin ini tak dapat dikendalikan dan penggunaannya bisa melanggar hukum, sebut saja pendanaan untuk kegiatan terorisme, pencucian uang, dan transaksi ilegal yang melanggar hukum lainnya.

Peringatan yang diluncurkan oleh Reserve Bank of India ini membuat sebagian besar bursa Bitcoin di negara tersebut. Bursa Bitcoin yang cukup terkenal di negara India, INRBTC dikabarkan telah menghentikan operasi atau kegiatannya. INRBTC mengungkapkan melalui posting di websitenya bahwa transaksi Bitcoin dapat dilanjutkan setelah mendapatkan kepastian hukum.

Berdasarkan laporan dari Engadget, beberapa media di negara tersebut bahakn telah memberitakan bahwa pemerintah India telah memerintahkan semua bursa Bitcoin di negara tersebut untuk segera ditutup. Seperti yang dilansir dari Pocket Lint (27/12/2013), jika tren seperti ini berlanjut, bisa saja membuat nilai Bitcoin anjlok.

Bitcoin sendiri adalah sebuah mata uang virtual atau juga bisa disebut sebagai mata uang elektronik yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto. Bitcoin ini memiliki sifat yang unik, salah satunya adalah tidak tergantung pada penerbit utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda