Scroll to Top

Apple Mac Pro 2013 Dibongkar, Prosesor dapat Diganti & Upgrade

By Ditya / Published on Saturday, 28 Dec 2013
Mac Pro 2013 Dibongkar
Mac Pro 2013 Dibongkar

Superkomputer Apple Mac Pro terbaru atau yang sering disebut Mac Pro 2013 telah dibongkar dan menunjukkan bahwa prosesor yang digunakannya dapat diganti atau di-upgrade di masa depan. Hal ini tentu kabar gembira bagi konsumen yang ingin membeli superkomputer seharga Rp 36 juta tersebut.

Berdasarkan laporan dari TechRadar (27/12/2013), superkomputer Mac Pro 2013 yang mengusung desain silinder tersebut menggunakan motherboard standar Apple Mac Pro tersebut menggunakan soket LGA (Land Grid Array) 2011 dan prosesornya dapat dilepas, diganti atau di-upgrade.

“Prosesor Intel Xeon E5 ditemukan di Mac Pro memang bisa dilepas. Semua empat CPU tersedia untuk Mac Pro baru menggunakan soket LGA 2011 yang telah mendapatkan standarisasi motherboard Mac Pro,” kata Other World Computing dan Mac Rumors.

Soket Mac Pro

Seperti yang kita ketahui, selama ini produk Apple identik dengan komponen yang disolder dan tak dapar di-upgrade. Namun hal ini telah diruntuhkan oleh Mac Pro yang prosesornya tidak disolder, sehingga memungkinkan pengguna melakukan upgrade prosesor di kemudian hari.

Mac Pro ini datang dengan spesifikasi dapur pacu yang super gahar, yakni prosesor Intel Xeon quad-core dengan kecepatan 3,7GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 12GB DDR3 1866MHz dan dua pengolah grafis dari AMD Radeon FirePro D300.

Sektor ruang penyimpanan internal, Apple membekali Mac Pro generasi baru ini dengan SSD (Solid State Drive) berkapasitas mulai 256GB menggunakan port PCIe yang diklaim mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 1,2GB/s. Mac Pro generasi baru juga dilengkapi dengan enam port Thunderbolt 2, empat port USB 3.0, Gigabit Ethernet, dan output HDMI.

Seperti yang dilansir dari TechRadar, konsumen dapat melakukan upgrade atau peningkatan spesifikasi Mac Pro generasi baru ini dengan mengganti prosesor, menambahkan memori RAM maksimal 64GB, dan ruang penyimpanan berbasis flash hingga 1TB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda