Scroll to Top

Tidak Ada Era Pep Guardiola di Barcelona, Yang Ada Era Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 29 Dec 2013

Pep Guardiola Lionel Messi

Barcelona memang meraih kesuksesan dengan 14 gelar dalam empat tahun masa kepelatihan Pep Guardiola. Namun, sang arsitek tim yang kini melatih Bayern Munchen menyebut, tidak ada era Pep di Barca. Yang ada, era Lionel Messi.

Ucapan itu meluncur dari mulut Guardiola dalam konferensi Globe Soccer yang mempertemukan sekian pegiat sepakbola. Termasuk di antaranya, Pierluigi Collina dan Cristiano Ronaldo.

Berbicara tentang masa keemasannya di Barca, Pep berkata, “Lebih dari sekadar era Guardiola, apa yang terjadi sepanjang waktu tersebut adalah eranya Lionel Messi (sebagai tokoh utama tim).”

Sejauh ini, dalam enam bulan pertama melatih Bayern Munchen, Pep Guardiola sukses menghadiahkan gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub. Bayern juga terlihat mudah saja akan mempertahankan gelar juara Bundesliga. Sementara itu, di Liga Champions, tantangan akan terjadi di babak 16 besar kala Bayern bersua Arsenal.

Tertarikkah Pep untuk pindah klub suatu saat nanti? Misalnya bergabung ke Premier League, tempat ia bertemu sekali lagi dengan Jose Mourinho? Ternyata mantan gelandang paling disegani di eranya, lebih suka menghabiskan waktu untuk para pemain muda suatu saat kelak.

Katanya sambil mengenang nikmatnya melatih Barcelona B, “Mimpi saya adalah kembali melatih anak-anak muda. Apa yang kita lihat di Barca B adalah sepakbola dalam bentuknya yang paling murni,” cetus Pep seperti dikutip AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda