Scroll to Top

Indra Sjafri: Pemain Timnas Indonesia U19 Harus Bermental Baik Agar Jadi Panutan

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 30 Dec 2013

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U19 tahap pertama di Kota Batu Malang Jawa Timur akan segera berakhir. Setelah TC tahap pertama ini berakhir, Garuda Jaya rencananya akan dibawa ke Yogyakarta untuk mengikuti TC tahap kedua.

Dalam konfirmasinya pelatih Timnas Indonesia U19, Indra Sjafri mengaku jika TC yang telah digelar di Kota Batu Jawa Timur berjalan sukses. Hampir tiga bulan melakoni TC, target presession sudah tercapai 80 persen.

Indra menambahkan jika diantara indikator keberhasilan TC adalah kenaikan VO2max setiap bulan. Rata-rata setiap pemain mengalami peningkatan antara empat sampai lima digit.

Tapi Indra Sjafri memastikan bukan hanya kemampuan fisik yang dipertimbangkan tim pelatih. Pemain Timnas U19 harus memenuhi empat kriteria yang telah ditetapkan yaitu skill, fisik, kemampuan taktik, dan mental.

“Mereka harus memenuhi empat kriteria itu. Jika hanya memenuhi satu saja, pemain akan kami coret” tegas Indra Sjafri, belum lama ini.

Seperti yang diketahui jika tim pelatih Timnas U19 baru saja mencoret empat pemain yaitu Untung Wibowo, Terens Owang Puhari, Andi Prayoga, dan M Junda Irawan.

Indra Sjafri tidak mengungkap alasan detail pencoretan empat pemain itu. Tapi dia mengisyaratkan empat pemain itu dicoret karena tidak memenuhi salah satu kriteria yang ditetapkan.

Bagi tim pelatih, pemain Timnas U19 juga harus memiliki mental bagus. Pemain Timnas U19 harus mampu menjadi panutan pesepakbola muda dan publik.

“Kan kasihan kalau pesepakbola tidak bisa menjadi panutan” tambahnya.

Rencananya para pemain akan menjalani general test. Agar penilaian objektif, tim pelatih akan menggandeng akademisi. Tes ini adalah tes terakhir bagi Evan Dimas dkk.

Hasil tes akan menentukan nasib para punggawa Garuda Jaya. Menurutnya pemain yang tidak memenuhi kriteria juga akan dicoret setelah tes berakhir.

“Setelah itu akan kelihatan siapa saja yang akan dibawa ke Yogyakarta” pungkas Indra Sjafri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda