Scroll to Top

Odin, Chipset Buatan LG Siap Saingi Samsung, MediaTek & Qualcomm

By Ditya / Published on Monday, 30 Dec 2013
LG Odin
Benchmark LG Odin

Tak lama setelah munculnya kabar tentang chipset yang mengusung prosesor 8 core besutan LG yang menggunakan nama Odin, kini hasil benchmark-nya telah beredar di internet. Berdasarkan skor yang dihasilkan oleh chipset LG Odin yang cukup tinggi, kehadirannya akan siap bersaing dengan Samsung, MediaTek, dan Qualcomm.

Skor yang dihasilkan oleh chipset LG Odin dengan prosesor 8 core berkecepatan 1GHz ini mampu menembus angka 27.000 poin, setara dengan chipset Samsung Exynos 5410 yang digunakan oleh smartphone Galaxy S4. Meski demikian, kinerja LG Odin ini masih kalah dengan Qualcomm Snapdragon 800.

Banyak yang berharap LG Odin ini memiliki kinerja grafis yang tinggi karena berdasarkan informasi yang beredar, LG Odin ini menggunakan pengolah grafis dari PowerVR Seri 6 yang diketahui memiliki kinerja grafis tinggi. Jika benar, maka kinerjanya dalam menjalankan game 3D akan luar biasa.

LG Odin

Chipset 8 core LG Odin ini tidak seperti MediaTek MT6592 di mana kedelapan prosesornya dapat bekerja secara simultan, melainkan hanya 4-core saja yang dapat berjalan secara simultan sesuai dengan tugas yang dikerjakan, mirip dengan Samsung Exynos 5 Octa.

Chipset LG Odin 8 core ini kabarnya akan mengusung arsitektur big.LITTLE yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 2,2GHz untuk kinerja yang powerfull dan quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,7GHz untuk menghemat konsumsi daya saat menangani tugas ringan.

Chipset LG Odin ini juga memiliki kemampuan untuk memutar dan merekam video 4K. Tak hanya itu, chipset Odin ini juga akan hadir dalam dua varian, yakni quad-core dan octa-core. Varian quad-core akan digunakan pada LG Smart TV. Sedangkan varian octa-core akan digunakan pada smartphone dan tablet.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena (29/12/2013), masih terlalu dini untuk menyimpulkan kemampuan chipset LG Odin mengingat saat ini masih dalam tahap ujicoba. Odin kabarnya akan digunakan sebagai dapur pacu utama smartphone LG G3 yang notabene penerus LG G2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda