Scroll to Top

Inflatable Space Habitat: Berkemah Di Mars Dengan Tenda

By angelberta / Published on Friday, 03 Jun 2011

planet MarsTunggu dulu. Jangan anda pikir, tenda yang digunakan disini adalah tenda yang biasanya untuk kita pakai saat kemah di puncak, atau tempat lainnya. Inflatable Space Habitat merupakan sebuah ruangan yang akan digunakan sebagai tempat tinggal bagi penjelajah ruang angkasa. Sebuah tim mahasiswa teknik di North Carolina State University berencana untuk melakukan perjalanan jauh di planet Mars, dengan cara berkemah disana.

Melalui kain penangkal radiasi dan teknik kedirgantaraan, tim ini telah menciptakan Inflatable Space Habitats (tenda tiup) yang cukup kuat untuk melindungi astronot pada saat tidur di atas permukaan Mars. Mereka bahkan membangunnya dalam reaktor Sabatier (alat penghasil metana air) ringan yang dapat menghasilkan air, bahan bakar, dan oksigen dari ruang lingkup Mars yang kaya akan CO2 (karbondioksida).

Yang menjadi tantangannya adalah tentang bagaimana membangun struktur yang ringan, kaku, dan tebal (tidak seperti yang pernah dibuat NASA untuk kunjungan ke luar angkasa). Luas tenda tiup tersebut 1.900 meter persegi. Tenda yang dirancang oleh tim ini merupakan campuran bahan dari Demron. Apa itu Demron? Demron adalah kain penangkal radiasi yang dibuat dengan teknologi pelindung (pekerja nuklir membersihkan dengan memakai barang-barang ini  saat Jepang diserang dan dikacaukan oleh radioaktif).

Sebuah substrat poliuretan akan memberikan efek kaku pada bahan setelah dipompa, dan sebuah gold-metalicized film yang merefleksikan sinar UV untuk memberikan perlindungan tambahan. Bentuk lengkungan atas pada tenda juga dioptimalkan untuk mencegah masuknya meteorit yang secara teratur melempari permukaan Mars.

Saat ini ada reaktor Sabatier pesawat Luar Angkasa Internasional, tapi itu bentuknya panjang, berat, tabung diisi dengan nikel (tidak ideal untuk pengemasan dalam suatu perjalanan ruang angkasa dimana berat walau hanya setiap pon harus dipertanggungjawabkan). Tim NCSU (North Carolina State University) mengungkapkan : sebuah nano-partikel nikel dilapisi serat material yang masih dapat membuat reaksi, sebagian besar tabung mereka berat.

Meskipun dekade yang akan datang akan ada tenda yang lebih canggih daripada tenda yang akan dipakai di dataran Mars ini, tim mahasiswa tidak mau membuang-buang waktu lagi untuk mendapatkan sumbangan teknologi dari orang-orang  yang dapat membantu di sana. Mereka akan mempersembahkan tenda tiup mereka untuk NASA yang disponsori oleh RASCAL (Revolutionary Aerospace Systems Concepts Academic Linkage) dalam kompetisi minggu depan (Juni 2011).

 

Inflatable Space Habitat

 

Inflatable Space Habitats bukan merupakan konsep baru. Desain diatas berbasis Bulan. Namun tim NCSU (North Carolina State University) telah membuat beberapa terobosan yang lebih maju daripada itu melalui kain penangkal radiasi dan rekayasa kedirgantaraan untuk menciptakan tenda yang sempurna untuk generasi mendatang dimana penjelajah akan berkemah di Mars.

 

One thought on “Inflatable Space Habitat: Berkemah Di Mars Dengan Tenda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda