Scroll to Top

Samsung Kembangkan Memori RAM LPDDR4 untuk Smartphone Premium

By Ditya / Published on Tuesday, 31 Dec 2013

Samsung LPDDR4

Samsung Electronics yang merupakan produsen Dynamic Random Access Memory (DRAM) terbesar di dunia telah mengembangkan memori RAM Low Power Double Data Rate 4 (LPDDR4) untuk smartphone dan perangkat mobile masa depan. Apa sata yang ditawarkan oleh memori LPDDR4? Berikut ulasannya.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung, telah memperkenalkan memori RAM LPDDR4 8Gb yang dibuat dengan teknologi produksi 20nm. Memori LPDDR4 8 Gigabit ini menawarkan kapasitas hingga 1 Gigabyte dalam sebuah chip (1 byte = 8 bit), ini merupakan kepadatan data tertinggi saat ini.

Memori RAM LPDDR4 ini akan mampu menawarkan performa tertinggi dalam sekeping memori RAM berkapasitas 4GB. Kecepatan yang ditawarkan oleh LPDDR4 ini diklaim dua kalilipat dibandingkan dengan memori RAM berteknologi LPDDR3 yang saat ini banyak digunakan oleh perangkat mobile masa kini.

Secara umum, memori RAM berteknologi LPDDR4 ini menawarkan performa 50% lebih cepat dengan konsumsi daya 40% lebih rendah jika dibandingkan LPDDR3 yang notabene generasi sebelumnya. Memori RAM LPDDR4 hanya memerlukan tegangan sebesar 1,1 volt untuk bekerja dengan baik.

“Ini generasi LPDDR4 DRAM akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk pertumbuhan yang lebih cepat dari pasar DRAM mobile global, yang akan segera menjadi bagian terbesar dari seluruh pasar DRAM. Kami akan terus memperkenalkan paling maju DRAM mobile selangkah lebih maju dari kompetitor sehingga OEM global dapat meluncurkan perangkat mobile yang inovatif dengan kenyamanan pengguna yang luar biasa,” kata Young-Hyun Jun, VP eksekutif penjualan memori & pemasaran, Samsung Electronics.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (30/12/2013), kehadiran memori RAM LPDDR4 besutan Samsung ini akan mendukung smartphone premium berteknologi UHD dan juga ultrabook berperforma tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda