Scroll to Top

Kilas Balik Prestasi Timnas Indonesia U19 di Tahun 2013

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 31 Dec 2013

timnas indonesia juara aff cup u19

Di dalam dahaga prestasi dan keterpurukan kondisi sepakbola Indonesia, kemunculan Timnas Indonesia U19 yang diarsiteki Indra Sjafri memang mampu membangkitkan kembali asa sepakbola nasional di tahun 2013.

Timnas Garuda Jaya setidaknya membuka harapan pecinta sepakbola di tanah air bahwa Indonesia kini berada di jalur yang benar menuju supremasi di tingkat Asia bahkan dunia.

Memang tak ada yang menyangka jika tim asuhan Indra Sjafri dapat melangkah di luar ekspektasi. Ketika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah AFF U-19 Youth Championship 2013, masyarakat sebenarnya tak memiliki harapan muluk.

Namun keberhasilan tim yang dikapteni Evan Dimas itu akhirnya bisa membuat masyarakat tersenyum lebar. Hal itu terjadi setelah Timnas U19 berhasil mencetak prestasi ganda.

Di ajang AFF U-19 Garuda Jaya berhasil keluar sebagai pemenang usai menaklukkan Vietnam di final dalam drama adu penalti, akhir September lalu.

Belum kering rasa euforia masyarakat, Timnas U-19 kembali membuat bangsa Indonesia bangga setelah mempermalukan Korea Selatan dengan skor tipis 3-2 di ajang Kualifikasi AFC U-19 Championship.

Ketika itu Evan Dimas mencetak hattrick sekaligus memastikan kemenangan Indonesia atas Korea Selatan yang berstatus juara bertahan AFC U-19.

Setelah memastikan lolos ke Myanmar 2014, Timnas U-19 masih memiliki satu tugas lagi yaitu masuk ke Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Selandia Baru 2015 mendatang.

“Sekarang kita hanya menunggu waktu untuk lolos ke Piala Dunia” ungkap Indra Sjafri, belum lama ini.

Namun untuk bisa lolos ke Selandia Baru, Indonesia harus bisa masuk ke empat besar AFC U-19 di Myanmar. Meski lawan yang dihadapi lebih berat, pelatih asal Padang itu masih sangat optimis dengan skuatnya.

“Kenapa saya yakin? Dengan persiapan tiga bulan saja kita bisa juara AFF dan bisa juara grup kualifikasi Piala Asia. Apalagi saat ini persiapan kita kurang lebih setahun” pungkas Indra¬†Sjafri.

Semoga di tahun 2014 penampilan Timnas Indonesia U19 bisa semakin baik, sehingga mampu berprestasi di ajang Piala Asia dan melaju ke Piala Dunia U20 tahun 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda