Scroll to Top

4 Macam Obat Radang Tenggorokan yang Praktis

By C Novita / Published on Tuesday, 31 Dec 2013

radang tenggorokan

Radang tenggorokan berarti Anda akan mengalami kesulitan menelan, sakit saat berbicara, dan bahkan untuk minum pun sangat menyiksa. Aktifitas sudah tentu akan terganggu, terutama aktifitas berkomunikasi. Untuk meredakannya, berikut ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan.

Cara mengobati radang tenggorokan berikut ini tak sulit dan hanya membutuhkan bahan alami untuk melakukannya. Apa saja? Seperti dilansir oleh Indiatimes, berikut ini di antaranya:

  • Bawang putih. Ada senyawa dalam bawang putih bernama allicin, yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab radang. Kunyahlah bawang putih yang telah dikupas tanpa dimasak terlebih dahulu. Ini akan membuat allicin keluar dan secara aktif mengalir ke tenggorokan serta membunuh bakteri. Telan perlahan agar maksimal khasiatnya.
  • Air garam. Siapkan air garam hangat untuk digunakan sebagai bahan berkumur. Ini akan membantu mengatasi inflamasi atau radang dan mengurangi rasa sakit. Ia juga berfungsi sebagai antiseptik. Hampir sama seperti saat Anda sakit gigi. Lakukan 4 jam sekali hingga rasa sakit berkurang.
  • Jus lemon. Siapkan jus lemon hangat, dan bisa pula ditambahkan madu. Ini bermanfaat mengurangi pertumbuhan bakteri di tenggorokan, dan menambah vitamin C yang berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh.
  • Sup ayam. Sup ayam telah digunakan sejak jaman kuno sebagai obat radang tenggorokan dan flu. Buatlah sup dengan bahan daging atau tulang ayam dan diberi bumbu merica serta jahe dan bawang putih. Anda boleh menambahkan sayuran seperti wortel dan tomat. Konsumsi pagi dan sore, agar radang Anda segera pulih.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda