Scroll to Top

4 Kebiasaan Tak Terduga yang Membuat Sulit Tidur

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 Jan 2014

membaca buku

Sulit tidur bukan hanya disebabkan karena minum kopi atau kebanyakan tidur siang saja. Di samping itu, ada beberapa kebiasaan yang mungkin tidak diduga, yang justru bisa membuat diri Anda kesulitan untuk memejamkan mata.

Dikutip Times of India dari Huffington Post, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak rencana tidur malam Anda yang nyenyak:

  1. Mulut tercium bau mint yang segar. Ini biasa didapatkan pada orang yang telah selesai memakai mouthwash, makan permen mint, atau menyikat gigi dengan pasta dengan aroma mint yang kuat. Perlu dipahami, aroma peppermint dapat merangsang otak menjadi ikutan segar. Ini membuat Anda menjadi tidak mengantuk. Coba rasa lain yang tidak mengandung mint saat hendak tidur.
  2. Membaca buku yang disukai isinya. Hal tersebut tidak akan membuat Anda mengantuk. Sebaliknya, Anda malah akan penasaran untuk terus melahap halaman demi  halaman. Perasaan menjadi lebih senang, emosi bekerja, dan proses intelektualita ikut terpengaruh. Anda akan terjaga sepanjang malam. Sebagai gantinya, baca buku yang menurut Anda biasa-biasa saja isinya sehingga memunculkan rasa kantuk kala bosan.
  3. Merokok sebelum tidur. Nikotin pada rokok adalah stimulan mujarab untuk membuat Anda terjaga. Jika masih terlalu sulit meninggalkan rokok, maka hindari mengonsumsinya menjelang tidur.
  4. Memercikkan air dingin. Air dingin akan menutup pori-pori sekaligus merangsang tubuh melepaskan energi agar menjadi hangat dan terjaga dari rasa kantuk. Anda bisa memakai air hangat untuk mencuci muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda